0

Ikhlas dan Pamrih

Udah beberapa bulan terakhir, manager bagian sistem informasi nge-forward CEO notes di grup WhatsApp-berbasis-kerjaan. Uhmmmm, tentang keberadaan grup ini… jangan salah paham yah. Kita udah punya sistem ticketing kok. Grup ini cuma memperlancar komunikasi aja ceritanya.

Balik lagi ke CEO notes yang diforward sang manager.. ternyata bulan ini isinya tentang rasa amrih dan ikhlas. Mengambil tema tentang “apa yang dapat kamu berikan ke perusahaan, dan jangan pertanyakan sebaliknya”.. secara ga langsung sang CEO minta kita buat ikhlas dalam bekerja.

Well, gw setuju banget c yah ama CEO notes ini. Dan faktanya memang gw selalu setuju ama CEO notes yang dirangkai dengan kata2 positif itu. Buat gw, sangat memotivasi!

Tapi.. kali ini.. pas ngebacanya CEO notes bulan ini, gw malah ngerasa sakit hati. Bukannya kenapa2.. gw ngerasa aja kalo sang CEO malah menuntut lebih dari gw (well, CEO notes ini sifatnya umum, gw aja yang nganggapnya personal). Ga cukup loyalitas gw selama ini? Ga cukup pengorbanan gw selama ini? Ga cukup buat mereka gw kerja pas kondisi gw masih sakit?! Ga cukup gw nahan perasaan karena mereka ga mau nanggung biaya operasi gw?! Ga cukup gw yang nahan perasaan karena kalian para atasan ga peduli kondisi gw yang dalam penyembuhan?! Ga cukup ama pengorbanan atasan setingkat dan rekan2 gw yang nutupin kinerja gw yang jelek karena harus sering bolos gara2 kondisi gw?! Ga cukup semua perasaan yang gw tahan buat gw ungkap karena gw selalu nganggap para atasan selalu berpihak ke gw, staff kelas bawah?! Dan sekarang.. gw dituntut untuk ikhlas?!

Well.. tuntutan dari CEO notes untuk menimbulkan rasa ikhlas saat bekerja, justru menimbulkan rasa pamrih di gw! Hufff.. rasa ikhlas memang bagus untuk diutarakan sebagai motivasi bekerja. Tapi satu yang gw pahami. Ketika ada tuntutan, selalu ada bayaran akan tuntutan tersebut.. dan ketika tuntutan akan rasa ikhlas yang diangkat ke permukaan, maka rasa pamrih akan datang sebagai wujud konsekuensi akan pembuktian keberadaan rasa ikhlas itu.

0

Banjir MV

Udah seminggu terakhir, akun YouTube gw kebanjiran MV. Yah, ga banyak c… cuma 2. Hehehe. Buat gw itu c banyak yah. Karena biasanya yang muncul itu video dari KBS (karena gw subscribe) sama video2 MV Infinite & Boyfriend. Terus seminggu ini, berdasarkan hasil rekomendasi sistemnya YT, muncul 2 video yang kayaknya lagi ngehits di akunnya gw.

MV Pertama: Pick Me Season 2

Video yang nampilin 101 cowok2 trainee dari berbagai agensi di Korea Selatan ini, kayaknya muncul karena gw sering muter lagu Pick Me season 1. Di tahun sebelumnya, acara survival group Production 101 dari MNet, sukses banget nampilin 101 cewek trainee… terus, di tahun sekarang, acaranya jadi ajang unjuk talenta buat para boyband trainee.

Jujur aja, kesan gw itu “wow” banget pas ngeliat Pick Me season 1, terus sekarang makin Wow lagi. Ternyata bisa juga dibikin versi cowoknya. Konsepnya sama, tapi kemasan beda. Cuma yah… pas ngeliat para trainee-nya… uhmmm,, gw ngeliat keanehan c. Ini ajang unjuk talenta buat para trainee kan?! Tapi perasaan ada yang tampangnya 11-12 setua tampang gw. Well, gw emang masih di umur 20-an, tapi faktanya… orang2 selalu ngira gw 30-an ke atas. Gw bahkan sering dikira lebih tua dari senpai gw T_T 😦 Walo ini ga heran c, tampang senpai gw emang imut soalnya XD

Penasaran sama fakta kalo tampang mereka 11-12 ama gw, bikin gw penasaran dan nyari2 tentang profil para trainee-nya…. yang berakhir sia-sia. Karena gw masih belum ahli ngenalin wajah orang kalo ga diliat lama2 pake berbagai versi angle dan perubahan bentuk rambut plus makeup. Tapi ada satu info yang bikin gw kaget. Ternyata, acara ini diikutin sama member dari Nu’est…. Boyband yang setau gw udah debut sejak gw jadi korban Hallyu Wave. Hmmmm…. Mungkin ini jawaban dari rasa penasaran gw.

Apapun itu, nih video muncul di akun gw, dan gw jadi pengen nonton reality show-nya. Soalnya kompak banget senam nge-dance barengnya… Menghibur banget! πŸ˜€

MV Kedua: So Long – JKT48

MV ini, pastinya wajib muncul di akun gw! Karena gw sukkaaaaaak banget JKT48! Hasil karya seni ala Jepang dengan rasa Indonesia!

Walopun faktanya, gw udah hampir setahunan ga tonton video mereka lagi. Sejak Haruka nyatain graduate (nyatain lhoh yah, bukan resmi graduate-nya), gw mulai agak2 hoream nonton MV mereka di YouTube, plus ga ngikutin berita2nya lagi. Tapi, well… MV-nya tetap di-suggest ama YT di akun gw.

Berita terbaru yang gw dapat di sini, Veranda mau graduate dari JKT48. Woooow!!

Kalo dihubungin sama MV pertama (pick me season 1 atau 2), MV dari JKT48 yaaa… sesuai style-nya JKT48 c yah. Kamu ga akan nemuin gerakan yang sinkron banget di antara member JKT48. Beda banget ama MV pertama. Tapi buat gw, itu wajar c yah… karena mereka kan punya moto “Tumbuh dan kembang bersama fans”. Jadi intinya, mereka ga unjuk keahlian…. mereka ngeliatin proses belajarnya mereka untuk menghibur para fans. Jadi bisa aja di satu panggung, ada yang udah bisa duluan, ada juga yang ga bisa apa2 sama sekali. Dan tergantung kamu mau mau dukung siapa… Walo selama ini, setelah gw liat2, tampang selalu jadi pertimbangan pertama dari para fans.

Uhmmm… kayaknya gw makin ke luar dari topik pembicaraan. Okeh, waktunya menyudahi postingan. Sambil nunggu banjiran MV lagi di akun YT gw. Buat para penggembar & fans (bahkan anti fans), silahkan tambahkan info apapun/kesan/pesannya di kotak komentar πŸ™‚

0

Memberi Input Argument Pada Netbeans

Di tulisan perdana pasca recovery, ternyata gw ga nyeritain tentang kondisi gw. Hohoho… ntar ajah… abis gw checkup beberapa hari lagi.

Jadi sekarang, ceritanya gw mau kasih tau gimana cara nge-set argument kalo pake IDE Netbeans. Hal remeh c sebenernya. Tapi berhubung ga ada yang mau ditulisin lagi, dan masih banyak temen junior gw yang bingung caranya…. Jadi aja gw tulis di mari.

Buat kamu yang belajar Java pertama kali, kemungkinan kamu dikasih tau sama pelatihnya, kalo masukannya bisa dimasukin via argumen java. Argumen ini ditulisin pas kita mau ngejalanin programnya. Contohnya, anggap gw punya kode kayak gini:

public class Main {

    public static void main(String[] args) {
        int a = Integer.parseInt(args[0]);
        int b = Integer.parseInt(args[1]);
        int c = a + b;
        System.out.println("Jumlah " + a + " + " + b + " = " + c);
        System.out.println(args[0]);
    }
}

yang bakal gw eksekusi pake kode ini di command line interface (CLI):

java Main 10 20

trus ngehasilin hasil kayak gini:

Jumlah 10 + 20 = 30
10

Buat pengguna Netbeans, biasanya bakal bingung… gimana cara ngetik tambahan input parameter berupa angka 10 sama 20 itu. Sebenernya, dari sejak jaman Netbeans tercipta, fitur ini tuh udah ada. Cuma, pas awal2… parameternya cuma bisa buat 1 main class yang dijalanin buat 1 project. Kalo kamu punya 2 main class di 1 project (dalam rangka eksperimen atau apapun), main class yang kedua ga bakal bisa dijalanin. Tapi herannya, para senior (maksudnya asprak pas nguli) dulu ga ngajarin kita hal ini. Dosen juga enggak. Mungkin karena gampang kali yah… Apapun alasannya, di sini, gw bakal kasih tau caranya biar bisa tambahin argument ini di Netbeans. Jadi berterima kasihlah kamu semua ke gw yang lebih baik dari kaka asprak juga dosennya kamu… XD

Cara pertama yang gw kasih tau… yaitu cara awal pas running Netbeans dari jaman dulu.

Awalnya, Β konfigurasi dilakukan dari Run -> Set Project Configuration -> Customize…

konfigurasi-run

Setelah muncul pop-up window, masukkan nilai yang ingin diberikan untuk argumen pada text field Arguments.

konfigurasi-argumen

Kalau udah di-OK, pas tekan F6 untuk Run File, bakal muncul hal kayak gini:

hasil-run

Cara kedua… kalo ga salah baru muncul pas Netbeans versi 7. Gw ga tau tepatnya kapan… tapi mulai dari versi 7.4 sampe 8.2 (yang gw pake sekarang), udah muncul nih fitur. Caranya, di layar output, pilih segitiga kuning dari bagian output… terus, bakal muncul kan satu window pop-up… kasih tambahan tulisan gini:

konfigurasi-argumen-output

Terus dampaknya mirip sama output di atas, bedanya masukan argumen jadi 20 ama 30… Bukan kayak awal (10 dan 20).

Hal yang perlu diperhatikan dari cara kedua, kamu semua bener2 harus nulisin “application.args”. Jangan sekali2 kamu nuker “args” jadi “arg” atau yang lain gara2 kamu ga nulis “public static void main(String[] args)” tapi malah nulisΒ “public static void main(String[] arg)”. Best practice yang lain, pengaturan ini munculnya dari window output. Jadi, gampangnya… pastiin kamu udah nge-running minimal 1x error… baru kamu tekan kuning2nya. Pas running pertama, pasti bakal error… kecuali kamu udah ngelakuin cara pertama untuk class yang mau kamu running.

Sooo… gitu ajah. Kalau ada masukan plus koreksi, boleh banget tulisin di kotak komentar…

0

Muncul

Taraaaaaa… Akhirnya setelah seminggu kurang mendekam untuk penyembuhan, gw muncul lagi. Alhamdulillah.. puji syukur gw, operasinya lancar. Dokter dan tim medis bilang successful. Walo seperti biasa, dokter bilang.. karena gw multiple AV node (gw ga tau istilah nya bener gini atau ga–tapi intinya, lebihan jalur kelistrikan di jantung gw ada 2), nyebabin hal2 kemarin bisa berulang dan muncul lagi walo persentase nya kecil. Beliau tetap mendoakan biar gw sembuh total dan ga berulang lagi.

Intinya.. operasinya lancar, dan udah seminggu kurang ini gw udah masuk masa penyembuhan. Untuk itu.. gw mau bilang makasih buat semua readerz di sini.. udah ngedoain gw. Insya Allah gw mau mulai satu2 kerjaan yang musti gw selesaiin. Terutama buat nulis2 di mari. Butuh waktu 2 Minggu buat recovery sebenernya. Walopun gw ngerasa udah lebih baik sejak gw udah dibolehin jalan abis operasi.. tapi gw tetep musti nunggu 2 minggu.

Oke.. beberapa Minggu lagi gw mulai nulis lagi yak. Target gw, seminggu 1 tulisan. Kalau lebih yaaa bagus. Kalo dirasa bakal kurang, bakal gw usahain. Cerita pertama pasca ini.. ada kemungkinan tentang pengalaman operasi gw. Tapi bisa juga hal lain. Apapun itu.. tetap tunggu tulisan gw yah readerz.

Sekali lagi makasih buat doa dan dukungannya. Gw cinta kalian, guyz πŸ˜†πŸ˜˜

0

Positif

Ga lama lagi, Insya Allah gw bakal ablasi (operasi non bedah) jantung biar gw ga kambuhan (SVT) lagi… dan tanggapan orang2 sekitaran gw ternyata seragam banget. Mereka minta gw buat tetap positif.

Uhmmm… pas gw mikir, emang gw suka kepikiran aneh2 yah?! dan ternyata…. postingan ini (dan fakta yang ga mau gw tulis di sini) sebenernya cukup jadi bukti gw emang suka aneh2. Huufff… efek punya imajinasi aktif banget ya gini.

Baiklah… be positive! Thanks man teman buat dukungannya… πŸ˜€

Buat para readers yang kenal pribadi ama gw ataupun enggak… mohon doanya yah. Biar operasinya berhasil… trus gw dikasih kesehatan dan kesembuhan setelahnya. Jadi gw bisa aktif lagi, plus berguna buat sekitaran gw (^_^) Biar gw bisa nulis2 lagi. Lumayan ada (ga banyak c, tapi ada…)Β  yang minta gw nulis2 lagi tentang Java dan sekitarannya.

Sebenernya banyak yang mau gw tulis tentang itu…. walau cuma saduran dan hasil translasi, tapi paling ga hal itu pernah gw temuin dan coba sebelumnya di kerjaan gw. Belum lagi, kemaren nemu video buat persiapan OCJP di YT. Jadi kepikiran juga buat ambil sertifikasi kalo kondisi gw udah FIT (gw juga udah ambil kelas pelatihannya taun kemaren).

Tambah lagi…. banyak hal yang mau gw kerjain plus wujudin pas udah sehat nanti. Salah satunya mau pulang kampung ke kampungnya Ibu. Walau ga sampe ke kampungnya banget, tapi gw pengen ngunjungin sodara gw dari sisi Ibu di Padang. Sebelum beliau berpulang, dulu gw diajakin ke Padang soalnya. Janjinya c abis lebaran karena gw ada kerjaan sebelumnya (pas waktu itu gw masih sehat). Tapi sebelum puasa… beliau udah ga ada. Makanya pengen ngerealisasiin satu2 mimpi gw.

Jadi…. mohon doanya ya Guyz… gw juga tetap berusaha buat positif… πŸ˜€

0

Parent’s Threat

Uhmmmm.. walau judulnya pake bahasa Inggris.. sebenernya kontennya Indonesia banget kok.. mulai dari bahasa sampe ke kasus. Itu judul supaya gw bisa latihan pake bahasa Inggris aja c. 😁 Kan katanya mulai dari diri sendiri, plus mulai dari yang kecil.. dan satu hal kecil lain yang gw bisa bahasa Inggris-in yaaa judulnya. 😬 

Apapun itu.. intinya tulisan ini tentang ancaman orang tua buat anaknya. Jujur aja.. gw sedih kalo orang tua udah marah ke anaknya cuma karena mereka lelah. Yaaa.. ini wajar banget di Indonesia–at least dari sinetron2 yang gw liat.. bahkan dari folktale yang diceritain turun temurun. Para reader tau cerita Malin Kundang kan?! Yap! Itu yang gw bicarain. Dan itu.. cuma salah satu aja.

Yaa.. gw di sini bilang mereka lelah.. karena gimanapun, seorang anak butuh bimbingan orang tua mereka pas mereka hilang arah.. ngerasa kesal itu wajar.. tapi kasih sayang orang tua sifatnya tak berhingga kan?! Dan faktanya.. sang anak belum pernah tua.. tapi sang orang tua pastinya pernah muda. Tambahkan juga satu kenyataan yang gw yakin banget buat itu: ga ada satu pun orang (terutama di sekitaran gw) yang mau dimarahin! Bahkan pas mereka tau mereka salah. Mereka yang salah bisa aja ngerasain rasa penyesalan.. tapi harga diri mereka pasti berontak ketika dibentak dan dihakimi–kalo gw ga boleh bilang pake kata dikutuk. Karena.. ketika para muda berontak, maka orang tua akan kesal dan juga lelah.. sampai mereka mengeluarkan kata2 berupa kutukan dengan kemarahan yang membara.

Malin Kundang banget kan?! Emang kurang ajar banget si anak yang ga ngakuin ibunya. Tapi.. apa kita bisa lihat dari sisi si Malin Kundang?! Bisa jadi dia amnesia.. bisa jadi juga dia memang ga kenal ibunya lagi karena terlalu banyak kenangan pahit yang harus ia lupakan setelah bertahun2–alasan psikologis mungkin.. dan ada banyak kemungkinan lain.. karena pas gw kecil, gw cuma diceritain kalo Malin Kundang ga ngakuin ibunya dan poof.. dia dikutuk jadi batu. Titik. 

Dulu.. gw ga ambil pusing tentang cerita Malin Kundang. Pesan moral untuk jadi anak yang penurut cukup banget buat gw. Lebih dari cukup malahan. Soalnya kata almarhumah Nyokap, gw anak paling patuh dan penurut. Boleh lah ya.. nyombong dikit 😁. Balik lagi ke cerita.. Faktanya.. sekarang, gw mulai berfikir berbeda. Bukan tentang pemakluman akan alasan si Malin yang ga kenal ibunya.. tapi tentang kesedihan gw atas kata2 yang terlontar dari mulut sang Ibu.

Jujur ajah.. gw sedih dengan ancaman ibunya si Malin. Dan itu.. ga jauh beda sama orang tua jaman sekarang. Jadi, gw sempat dengar orang tua (anaknya dah gede) yang marahin anaknya dengan bawa2 umur mereka. Sang orang tua mengklaim umurnya udah ga bakal lama lagi.. jadi si anak jangan melakukan pembangkangan. Ditambah, terdapat kata2 “rasakanlah nanti kalau (ayah/ibu) udah ga ada nanti”. Asli.. gw miris dengarnya.

Bukannya kenapa2.. tapi.. itu ucapan orang tua ke anaknya. Bisa jadi terkabul. Kadang gw mikir.. seberapa durhaka anak itu sampai orang tuanya ngeluarin kutukan itu. Dan faktanya.. si anak ternyata dalam kesehariannya, anak baik2 plus patuh banget. Kebetulan ajah sedang kesal karena satu hal, dan ga bisa dia tangani saat itu. Dan.. well, orang tua yang terbiasa dengan kepatuhan tersebut melihat hal itu sebagai bentuk yahh.. gitu deh.. mungkin.. sang orang tua mungkin juga lelah.

Asli gw sedih.. alasannya cukup jelas kan. Si anak akan mendapatkan kutukan seumur hidup hanya karena ia menjadi anak baik2 selama ini dan sangat kebetulan bersikap di luar batas kewajaran yang ia tunjukkan. Belum lagi kutukan tersebut ga cuma terkait si anak. Tapi juga sang orang tua. Buat gw.. ada beberapa kutukan dalam kata2 itu.. contohnya:

  1. Si anak bakal menderita dan kesusahan sepeninggal orang tua karena itu “wasiat” si orang tua.
  2. Orang tua akan meninggalkan anaknya dalam rasa dendam.
  3. Sang anak bisa jadi juga merasa dendam.
  4. Orang tua akan gagal karena tidak dapat membesarkan anak yang berhasil dunia akhirat.
  5. Sang anak juga ga akan jadi anak shaleh karena ga mau doain orang tuanya..
  6. ..dan beberapa alasan lainya yang bisa kamu tambahin.

Yahh.. gitu lah.. intinya gw sedih c. Gw udah coba bicara dan menjelaskan.. tapi.. well, sepertinya kesedihan dan tangisan sang anak adalah reaksi yang paling tepat sasaran untuk menyelesaikan semuanya. Gw bersyukur sang anak meluapkan emosinya dan tidak menyimpan sendiri seperti yang selama ini dia lakukan pada keluarganya sendiri. Cukup aneh memang melihat ada orang yang tertutup pada orang2 terdekatnya, tapi cukup terbuka pada orang yang baru ia kenal. 

Dan begitulah akhir ceritanya.. ya.. segitu aja yang bisa gw ceritain.

Yang jelas.. Satu pelajaran buat gw.. intinya.. komunikasi.. dan jangan merasa lelah untuk berkomunikasi. Kalopun lelah, luapkan lah sewajarnya.. pastikan kesedihan yang tulus menjadi penyelesaian ketika tidak ada lagi jawaban atas sebuah pertahanan akan harga diri.

0

Tahun Baru

Met tahun baru 2017.. 

Ini tahun baru guyz!! Wajar banget kalo kita ngerasa senang hari ini. Karena ini ada kata “baru”nya. Emang wajar yah kalo kita suka yang baru2 gitu.. hehehe.. 

Rasanya lebih produktif kalo ama yang baru. Yukk rasain semangat kebaruannya biar lebih produktif. Mungkin beberapa dari kamu ada yang dilarang buat ngerayain tahun baru.. tapi itu ga ngehalangin kamu buat ngerasain semangatnya buat lebih produktif dengan kata “baru”.
Yuppp.. ini tahun baru.. tetap produktif yah guyz! πŸ˜‰πŸ˜‰

0

Harapan

Saat gw udah ngebikin harapan yang cukup positif kemaren (private mode)… Ternyata di hari ini gw jadi tau kenapa gw takut berharap. Gw bersyukur harapan itu gw tulis kemarin.. dan berharap yang gw hadapin hari ini ga mempengaruhi gw buat mencapai harapan gw yang gw bisa bilang harapan terpositif-realistis yang pernah gw inginkan.

0

Is it…. true?

Setelah berbulan2 menghilang di dunia maya… dengan kerjaan utama istirahat plus nonton anime, gw nemu ginian…

vlcsnap-2016-12-12-17h04m34s271-vert

Gw ga tau itu benar atau ga… karena gw sendiri ga ngerasain. Adanya pas makin gede, gw ngerasa makin berbakat. Hehehe… –sombong yah– πŸ˜€

Tapi kalo ngeliat ponakan gw pas umur 0-2 taun (diasuh Nyokap gw) sampe sekarang dah 3 taun (diasuh kakak gw–karena Nyokap udah ga ada), gw kok ngerasa statement itu bener yah…. bukan tentang pengasuhannya…. tapi gw emang ngehakimin ponakan gw gitu c… πŸ˜›

Yah… apapun itu, bersyukur ajah yah udah dikasih umur buat idup di dunia. Btw… gw bakal operasi jantung tanggal 9 Januari nanti (besok gw mau lapor buat ngurus administrasinya). Doain berhasil dan gw jadi sembuh trus jadi sehat selalu yah, readerz… πŸ˜€

Ntar Insya Allah gw cerita deh di blog ini. Sekali lagi, mohon doanya yah guyz….

0

Benar Salah

Dan faktanya.. benar-salah bukan lagi tentang panduan. Tapi tentang pedoman. 

Uhmmmm.. oh iya.. ternyata itu sama yah.. 

Kalo gitu….

benar-salah jaman sekarang.. bukan lagi tentang keyakinan, tapi tentang siapa yang bisa berdebat paling lama terhadap keyakinan yang ga dia miliki.. 

Yah.. bukan tentang siapa yang lebih dominan.. tapi tentang siapa yang bisa mempengaruhi untuk mendominasi. 

Owh.. gw cuma ngomentarin fandom boyband tertentu kok.. kalo kamu bilang ini ada hubungannya ama postingan sebelumnya.. uhmm.. yaaa terserah kamu. Gw mau jadi orang lancang yang kasih komentar tentang sesuatu yang gw ga tau… Kecuali kamu kasih tau dan gw punya pengetahuan buat itu.