Salah

Sebagai “maknae” di segala kondisi, gw udah cukup biasa jadi objek yang ditunjuk sebagai pelaku kesalahan. Bisa karena gw yang emang kurang pengalaman.. jadi kerja ga bener, emang gw nya aja yang error, atau karena emang gw lagi jadi sasaran buat disalahin aja. 

Aturan di atas, ga cuma berlaku di keluarga kecil gw aja.. di kehidupan sosial, bahkan di lingkungan kerja (which is gw udah punya 1 junior), aturan itu bisa dibilang secara umum berlaku buat gw.

Tapi.. walopun gw udah kenyang makan pengalaman disalah2in, jumlah dendam yang gw timbun, ternyata berbanding lurus ama frekuensi penuduhan tersebut. Bahkan.. lebih besar dan banyak. Walopun abis itu gw dapat empati, nasihat, simpati, dan perhatian, bahkan pujian-biar-ga-terlalu-mendendam dari para senior dan teman2 yang peduli (khusus buat senior, sejauh ini, jumlahnya cuma 1 yang bisa gw anggap peduli banget, 1 yang bisa nyampe rasa peduli skala gw, 1 yang peduli karena gw “kerja” ama beliau.. sedangkan untuk teman, yahh… lo tau, temen gw terbatas). 

Dulu, atau bisa juga sampai sekarang, gw paling anti disalah2in. Ga rela aja gitu. Defense! Wajar c.. semua orang kayak gitu kan. Ntar abis dikasih tau kalo gw beneran salah, baru gw nyoba ngaku salah, minta maaf, dan berusaha memperbaiki kondisi. Yang faktanya, hal itu gw lakuin ogah2an dan penuh basa-basi. Karena ya itu.. pas gw ga mau disalahin, gw ngerasa kalo gw udah bertindak hati2. Jadi, buat gw, kalopun gw ngelakuin kesalahan.. gw ga seharusnya ngerasa sendirian dan terpojok sebagai pihak yang disalahkan. Awalnya, gw kira cuma anak kecil yang berfikiran gini.. dan gw salah banget bersifat kekanakan gitu.. walo ternyata, pas gw liat sekitaran (termasuk di tv plus medsos).. rata2 tiap orang berfikiran ga jauh beda ama gw. 

Terkait kondisi ini, gw lagi2 inget ama senpai gw. Beliau sosok yang bisa gw bilang agak2 aneh dalam hal ini. Dulu, pas gw belum “gabung” di kantor senpai (iya.. kayak filem melodrama, gw ngelihat dari kejauhan gitu), gw paling sering ngelihat senpai dibully. Dan tau responnya gimana?! Senpai ternyata nurut! Walau kesalahan paling ga mungkin dilimpahkan ke beliau, senpai gw ngerasa ok2 aja selama ga terkait karir atau tindakan di luar etika. Bahkan beliau tuh sempet agak nyindir gini: saya salah lagi ya Bu? Ok. Besok pas langit warnanya biru, ibu juga boleh nyalahin saya (gw lupa tepatnya gimana, tapi intinya yaaa gitu). Dan daripada terkesan sindiran pedas, cara senpai bilang tuh penuh kerelaan dan kepasrahan. Efeknya ke gw jadi bikin ga tega plus pengen meluk senpai sambil berurai air mata.. efeknya ke gw lhoh ya.. bukan ke pihak terkait. 

Heuuu.. gitu deh.. jadi pengen nyoba kayak senpai. Walo gw ga tau ntar efek psikologis ke gw gimana.. 😅😅

Jadi.. menutup postingan, gimana cara kamu ngatasin kondisi ketika kamu disalahin? Bisa dishare lhoh ya di kotak komentar 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s