Pujian

Seberapa besar c arti pujian buat kamu? Buat gw.. pujian itu sangat sangat sangat berarti. Bisa bikin gw ngerasa sangat berharga.. dan itu bakal bikin gw produktif banget dalam berkarya.

Apalagi kalau pujian itu datang dari senpai gw. Bukannya kenapa2.. tapi senpai gw bukan tipe orang yang gampang memuji. Bukan berarti senpai gw mudah banget nyaci juga c. Intinya, beliau tuh punya standar tinggi kalau terkait hasil kerjaan seseorang.. tapi kalau hasil kerjaan gw ga sesuai harapan dia, biasanya gw diajarin pelan2 akhirnya. Tipe mentor c.. walopun ini sebenernya better version dari senpai. Soalnya, dulu.. pas gw belum dimentorin dia, adanya dia sendiri yang perbaiki hasil kerja gw. Dan parahnya ga ngasi tau gw. Ujug2, gw cuma lihat hasil kerjaan gw udah berubah.. dan lebih baik dari sebelumnya. Buat gw, itu tuh fatal banget. Tapi yah.. senpai tetap senpai yang punya pertimbangannya sendiri.

Tulisan ini sebenernya ga lebih dari curhatan gw tentang kejadian yang udah agak lama c yah.. karena faktanya, gw udah ga sekantor ama senpai lagi. Senpai gw udah “dipromosiin” dari lama, sedang gw masih di sini2 ajah. Terakhir bareng senpai itu pas presentasi proposal satu project yang diinisiasi ama staff-senior-yang-baru-masuk-lagi-soalnya-baru-pulang-dari-luar-negri. Di sini, dari cara kita masing2 presentasi, gw ngelihat gap gw ama senpai makin besar. Keliatan aja c mana yang staff bawah sama calon pejabat. Jelas gw staff bawah waktu itu.. parahnya, gw merasa “dinilai” walau memang faktanya gw “dinilai”.. dan well, gw agak desperate abis presentasi.

Kejadian itu.. jadi kepikiran lagi gara2 gw ga sengaja nonton variety show Korea “Hello Counselor” pas kasusnya tampilin tentang salah satu member boyband yang stress dengan kehidupannya. Gini screenshoot yang gw ambil dari hape..

Intinya.. ada member dari grup boyband yang ngerasa stress tentang kehidupannya jadi bagian idol group. Ternyata, yang dibutuhkannya, ga lebih dari sekedar pujian dari member lain.. walo faktanya.. member lain nganggap pujian itu ga penting. Kayaknya pas jadi member boyband, mereka udah dilatih buat kerja keras c yah.. pujian untuk berusaha lebih giat plus ngerasa jadi lebih baik bukan lagi jadi pembuktian kinerja. Parameter nya bukan lagi sekedar kata2.. tapi hasil usaha yang lebih jelas kayak jumlah fans.. atau jumlah menit MV mereka tayang di stasiun televisi tertentu.. mungkin.. ini mungkin lhoh ya. Intinya, gw kaget ternyata pujian itu ga guna lagi kalo udah sampai di “medan perang”.

Balik lagi ke kejadian gw.. pas gw abis presentasi, gw c ngerasa stress, putus asa, plus desperate banget. Di saat2 itu, biasanya yang gw butuhkan adalah pujian.. pujian dari siapapun kalo gw udah berusaha keras.. dan semuanya udah kejadian, jadi ga usah gw pikirin lagi. Gw butuh itu.

Tapi faktanya, gw ga dapat pujian itu sama sekali. Bahkan dari senpai, yang gw yakin banget awalnya bakal “ngehibur” gw dengan pujian kecil. Semuanya udah selesai gitu aja. I am with my own. Sejak itu, gw ngerasa agak kesel c yah.. iya! Gw kesel ama senpai karena ga ngasih “komentar baik” dari apa yang udah gw lakuin waktu itu. Walau gw sadar.. toh itu salah gw juga dari awal. Gw musti membenahi diri.

Dan lama kelamaan.. gw pun lupa kejadian itu sampai  pas liat episode variety show di atas, gw jadi ingat lagi kejadian dulu.. trus gw baru nyadar kenapa senpai gw ga komen apa2.. karena ga seharusnya gw dipuji untuk sesuatu yang ga bisa gw lakuin dengan benar sesuai standar yang ditetapkan oleh orang sekitar. Gw udah gede.. welcome to the adult’s world! Dan memang seharusnya gw bisa bangkit sendiri tanpa bantuan orang lain, termasuk dalam bentuk pujian.

Yaah.. gitu lhah.. di dunia orang dewasa, ternyata ada masanya pujian ga lagi berguna. Tapi walo gitu.. gw masih tetap mau dipuji buat hal2 remeh yang bisa gw lakuin dengan benar. Pujian buat gw c masih sangat berarti.. kalo kamu gimana?

Leave a Reply

