Memberi Input Argument Pada Netbeans

Di tulisan perdana pasca recovery, ternyata gw ga nyeritain tentang kondisi gw. Hohoho… ntar ajah… abis gw checkup beberapa hari lagi.

Jadi sekarang, ceritanya gw mau kasih tau gimana cara nge-set argument kalo pake IDE Netbeans. Hal remeh c sebenernya. Tapi berhubung ga ada yang mau ditulisin lagi, dan masih banyak temen junior gw yang bingung caranya…. Jadi aja gw tulis di mari.

Buat kamu yang belajar Java pertama kali, kemungkinan kamu dikasih tau sama pelatihnya, kalo masukannya bisa dimasukin via argumen java. Argumen ini ditulisin pas kita mau ngejalanin programnya. Contohnya, anggap gw punya kode kayak gini:

public class Main {

    public static void main(String[] args) {
        int a = Integer.parseInt(args[0]);
        int b = Integer.parseInt(args[1]);
        int c = a + b;
        System.out.println("Jumlah " + a + " + " + b + " = " + c);
        System.out.println(args[0]);
    }
}

yang bakal gw eksekusi pake kode ini di command line interface (CLI):

java Main 10 20

trus ngehasilin hasil kayak gini:

Jumlah 10 + 20 = 30
10

Buat pengguna Netbeans, biasanya bakal bingung… gimana cara ngetik tambahan input parameter berupa angka 10 sama 20 itu. Sebenernya, dari sejak jaman Netbeans tercipta, fitur ini tuh udah ada. Cuma, pas awal2… parameternya cuma bisa buat 1 main class yang dijalanin buat 1 project. Kalo kamu punya 2 main class di 1 project (dalam rangka eksperimen atau apapun), main class yang kedua ga bakal bisa dijalanin. Tapi herannya, para senior (maksudnya asprak pas nguli) dulu ga ngajarin kita hal ini. Dosen juga enggak. Mungkin karena gampang kali yah… Apapun alasannya, di sini, gw bakal kasih tau caranya biar bisa tambahin argument ini di Netbeans. Jadi berterima kasihlah kamu semua ke gw yang lebih baik dari kaka asprak juga dosennya kamu… XD

Cara pertama yang gw kasih tau… yaitu cara awal pas running Netbeans dari jaman dulu.

Awalnya,  konfigurasi dilakukan dari Run -> Set Project Configuration -> Customize…

konfigurasi-run

Setelah muncul pop-up window, masukkan nilai yang ingin diberikan untuk argumen pada text field Arguments.

konfigurasi-argumen

Kalau udah di-OK, pas tekan F6 untuk Run File, bakal muncul hal kayak gini:

hasil-run

Cara kedua… kalo ga salah baru muncul pas Netbeans versi 7. Gw ga tau tepatnya kapan… tapi mulai dari versi 7.4 sampe 8.2 (yang gw pake sekarang), udah muncul nih fitur. Caranya, di layar output, pilih segitiga kuning dari bagian output… terus, bakal muncul kan satu window pop-up… kasih tambahan tulisan gini:

konfigurasi-argumen-output

Terus dampaknya mirip sama output di atas, bedanya masukan argumen jadi 20 ama 30… Bukan kayak awal (10 dan 20).

Hal yang perlu diperhatikan dari cara kedua, kamu semua bener2 harus nulisin “application.args”. Jangan sekali2 kamu nuker “args” jadi “arg” atau yang lain gara2 kamu ga nulis “public static void main(String[] args)” tapi malah nulis “public static void main(String[] arg)”. Best practice yang lain, pengaturan ini munculnya dari window output. Jadi, gampangnya… pastiin kamu udah nge-running minimal 1x error… baru kamu tekan kuning2nya. Pas running pertama, pasti bakal error… kecuali kamu udah ngelakuin cara pertama untuk class yang mau kamu running.

Sooo… gitu ajah. Kalau ada masukan plus koreksi, boleh banget tulisin di kotak komentar…

Leave a Reply

