Politik Pemasaran

Sebenernya gw ga sukak bawa2 politik dan agama ke dunia maya pribadi gw.. tapi berhubung akhir2 ini dunia maya gw isinya selalu berita kekinian tentang demo besok, tanggal 4 nov 2016, gw jadi keinget ada temen yang bilang gini:

kalo ada yang bilang penistaan agama jangan dipolitisasi.. uhmmm.. mungkin dari awal dia ga usah bawa2 agama yang ga dia anut buat teknik marketing supaya dibeli yah..

Terlepas dari pro kontranya.. gw malah nyorotin stetmen temen gw tentang teknik marketing sang gubernur petahana nonaktif. Dan gw baru nyadar kalo si cagub bener2 pake strategi marketing receh yang bahkan diketahui ama anak nonmanajemen semester 1. (Yah.. Lo bisa simpulkan siapa teman gw ini).

Buat kamu yang mulai kesel trus bilang: “Lo ngomong apa c Bi?”… Gw perjelas deh.. intinya, ada satu prinsip di dunia ini yang sering dijadiin ceramah ama pemuka agama (iya.. gw dengerin ceramah! Masalah?!).. tentang pembangkangan umat manusia yang dimulai dari zaman Adam plus pasangannya pas dilarang makan buah terlarang. 

Nangkep kan?! Kalo ga.. sayang banget, cuma 2 kondisi buat kamu.. antara kamu ga menganut agama samawi.. jadi kamu ga tau cerita lengkapnya.. atau kamu cuma.. well.. ga bilang di sini lah gw.

Yah.. memang ini bukan teknik pemasaran c yah.. tapi at least gw pernah liat kalo statement larangan jenis ini pernah dipakai ama salah satu vendor pakaian tersegmentasi di daerah Jabar pas ada KAA dulu. Dan pas liat spanduknya.. menurut gw.. receh dan ga berkelas. Walo kata pangsa pasarnya, cara ini lumayan menjual.

Yah… Gitu deh.. gw baru tau ada juga cara gitu yah buat kampanye (walo waktu kasusnya muncul, setau gw statusnya belum masa kampanye). Mungkin c cagub memang pangsa pasarnya buat para pembangkang kali yah.. ga suruh milih, trus ada pernyataan… Yah gitu lah. 

Mungkin ada banyak yang kontra tentang tulisan ini.. kayak temennya temen gw yang bilang kalo c cagub ga mungkin ngelakuin hal serendah itu.. Apalagi kampanye sebelum masanya.. 

yahhh.. ga pernah ada yang bilang kalo pidato itu buat kampanye.. tapi.. semua yang terlibat juga tau kalo yang namanya kampanye, identik sama kegiatan promosi tentang suatu kegiatan pemilihan. Jadi yahhh… Gitu lah.

Leave a Reply

