[Resume Buku] The Photographer

Jpeg

Judul Buku: The Photographer – Cahaya Untuk Hati yang Berani Tertatih
Author: Endang SSN
Jumlah Halaman: 260
Penerbit: deTeens
Harga Beli: 15 ribu

Resume:
Rasta, seorang anak SMA kelas 12 yang bercita-cita ingin menjadi fotografer, memiliki hidup yang cukup rumit untuk kehidupan pribadinya. Mulai dari Raja, sang adik yang memusuhinya, sang ayah yang tidak merestui cita-citanya, dan pacarnya yang meminta ia untuk memilih antara kamera dan sang pacar. Semua hal berlangsung cukup rumit dan komplek bagi Rasta. Hanya Ian, sang sahabat yang terus mendukungnya.

Semuanya dijalankan dengan begitu saja…

Selepas lulus SMA, Rasta kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di ITS. Ia bertemu Angga, sang pecinta fotografer yang telah menggantung kameranya, Dimas yang menjadi sosok “kakak” bagi Rasta, dan beberapa tokoh pendamping lainnya. Singkat cerita, Rasta lulus dari ITS dan kembali ke kampung halamannya, Bogor. Dalam perjalanan ke Bogor, ia bertemu Boy di kereta SBY-JKT. Seorang fotografer profesional dari perusahaan yang cukup terkenal di Jakarta. Cerita tentang Boy-Rasta, berhenti sementara di sana.

Di Bogor, Rasta mendapat pertentangan akan cita-cita yang tetap ia pegang teguh. Sampai akhirnya, Rasta harus pergi dari rumahnya. Ia tidak lagi dianggap anak bagi ayahnya. Kepergian Rasta memang menyisakan luka. Tapi, ia tidak sendiri. Masih ada Ian yang tetap mendampinginya. Berdua mereka membanting tulang, mengais rejeki di tengah kerasnya hidup di ibukota. Sampai akhirnya Rasta diterima di sebuah perusahaan sebagai staff administrasi.

Cerita belum berhenti sampai di sana…. Karena akhirnya, Ian dan Rasta menjadi fotografer profesional seperti yang mereka cita-citakan. Dan setelahnya… masih ada sedikit cerita tentang Raja dan Ayah, untuk hidup Rasta.

Opini gw:
Ngebaca buku plus namatin buku ini sebenernya agak capek dan memuakkan buat gw. Buat gw lhoh yaaa… Buat kamu yang masih belum terlalu banyak baca novel (terutama novel luar atau metropop), juga buku teks dari bahasa pemrograman tertentu, mungkin kamu ngerasa fine2 ajah. Ngerasa bagus malahan… karena di novel ini bertebaran cukup banyak nilai moral dan kehidupan. Tapi buat gw, itu semua jadi hal yang cukup basi. Gw tau arti dari pentingnya sebuah mimpi… tapi kalo lo udah ada di state-angka (umur maksudnya) samaan ama gw, mimpi cuma jadi cerita memotivasi yang bikin mata kamu berkaca-kaca…. dan semuanya cukup sampai di sana ajah. Gak ada lagi lanjutannya.

Buat gw, terlalu banyak nilai moral dan hal sejenis ngebikin gw lagi baca buku motivasi. Buat lo yang ga tau, gw kasih tau yah… gw agak2 alergi ama buku jenis ini sejak mantan kecengan gw ngebuka mata gw tentang hal2 gini2an. Terus, ada banyak juga hal2 teknis terkait fotografi. Fotografi jelas bukan ilmu yang gw tekuni. Jadi, penjelasan teknisnya bikin gw agak terganggu… Karena emang gak ada hubungannya ama alur cerita. Pelengkap ajah. Maklum, ini kan #novelprofesi katanya. Lanjut lagi, gw berasa aneh ama tokoh-tokohnya yang kebanyakan cowok. Ada c ceweknya, cuma ga terlalu besar porsinya di beberapa cerita. Bahkan cewek terakhir yang diceritain di sini itu… (yah, oke, gw cut. Takut spoiler). Dengan porsi tokoh yang pastinya gak seimbang ini, gw punya kesan lagi ngebaca fanfic bertema yaoi rating T. Berasa nih novel ditulis fujoshi. Emosinya dapet banget c yah. Berantemnya, stress-nya, senengnya… semuanya dapet. Cuma buat gw, lagi2 terasa berlebihan. Gw gak pernah nyangka ada cowok se’ekspresif’ ini. O iya… buat tambahan info, typo-nya lumayan…

Okeh, itu dari segi konten. Buat penerbit plus percetakan, gw kecewa ama penulisan beda font, padahal perasaan pemakaiannya gak maksud. Intinya gw ngerasa font-nya ada yang beda gitu… bisa jadi sengaja, bisa juga enggak. Tapi kalo gw liat2 lagi, kayaknya bukan kesengajaan tuh font sampe dibikin beda. Ini ada di hal 222-223. Belum lagi, hal 245-245 gw ilang. Nih buku ilang selembar! Hhh… mungkin wajar yah, dijual obral. Kan gw beli 15 ribu doank. Jadi mungkin gara2 alasan itu.

Sooo… dari sekian banyak, sayangnya, ga ada bintang yang bisa gw kasih buat Rasta dan mimpinya.

0 star

Leave a Reply

