[Resume Buku] Ubuntu

Diambil dari Goodreads

Judul: Ubuntu!
Kekuatan Kerja Tim yang Menyetarakan Manusia dari Tradisi Afrika
Author: Stephen C. Lundin & Bob Nelson
Penerbit: Libri
Cara dapat: Pinjam

Resume Buku:
Ubuntu — Sebuah filosofis yang berkembang di benua Afrika, dan membantu penduduknya untuk tetap berjuang dalam aksi damai untuk menentang perbudakan. Filosofis yang dapat diterapkan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja selama mereka bersungguh-sungguh menjalaninya. Filosofis yang berasal dari budaya dan tradisi dengan keutuhan rasa sebagai modal utama.

Opini gw:
Yah… gw musti bilang apa… Emang buku ini agak sulit diresumekan. Judulnya udah jelas kan yah… Tentang Ubuntu! Sebuah paham dan pedoman dari Afrika tentang penyetaraan manusia yang dapat mendukung kerja sama sebuah kelompok. Bahkan buku ini gak menceritakan apa pun selain arti dari definisinya. Hmmm… mungkin ada sedikit alur cerita dan contoh nyata dalam penerapannya, tapi itu gak berarti apa pun.

Intinya, di buku ini diceritain tentang John yang menjadi manager di sebuah perusahaan bernama BullsEye. Sebuah perusahaan yang sangat besar, tersebar di beberapa benua, dan memiliki ruang lingkup “pemasaran” yang luas… mulai dari usaha ritel, industri sekuritas (asuransi/pegadaian maksudnya) sampai institusi pendidikan (kayaknya c…). John bertugas sebagai manajer departemen kredit, dan kinerja departemennya cukup buruk.

Teguran kepada John dan “pertemuannya” dengan salah satu karyawannya, Simon, membuat John mengetahui sebuah filosofi hidup bernama Ubuntu. Cerita akan pencarian filosofis hidup pun dimulai. Berawal dari kompetisi internal perusahaan, sampai liburan mereka ke Afrika Selatan… semuanya menceritakan proses pencarian dan pemaknaan dari kata Ubuntu. dan yaaa.. udah, selesai gitu aja sampai di sana. Ada beberapa rangkuman dari hasil perjalanan yang John dan rekan2nya lakukan.. Tapi.. yah, gak berarti apa pun kayaknya. Semuanya udah tergambar dari awal cerita.

Oke, cukup resumenya dalam bentuk opini… berikutnya beneran opini gw yah.. Gw gak bakal banyak mengeluarkan pendapat. Yang jelas, satu kata sebagai penggambaran kesan pertama yang gw rasain pas ngeliat buku ini di mejanya senpai yaitu: “tertarik”. Baru kali itu ngeliat buku dengan kata Ubuntu, dan gak ada kaitannya ama sistem operasi. Tapi kalo ngeliat nih buku ada di meja siapa, rasanya wajar ajah c yah… toh senpai bukan orang yang terlalu teknis.

Terus, pas dibaca di awal.. kok kayaknya keren. Ini tentang manajemen, dan emang buku ini yang gw butuhin. Gw kan kerjanya manajemen2 gitu kan yah… Cocok! Tapi… pas gw makin baca ke belakang, apa yang gw harapin ternyata gak kejawab sama sekali. Entah harapan gw yang ketinggian, atau emang bukunya ajah yang gak bisa diharapin (#eehh??!!)

Singkat kata, gw gak nemu hal yang gw cari di sini. Penjelasan tentang Ubuntu ada. Tentang pemaknaan katanya juga ada. Origin of Ubuntu juga ada. Bahkan, bentuk nyata penerapannya pun ada. Tapi, itu semua cuma gw temuin sampai halaman 47, dan sisanya…. bisa dibilang gak menarik, itu pun kalo gw gak boleh make kata “useless” buat ngedeskripsiinnya.

Ahhh… tapi di akhir2 penjelasan, ada satu hal yang menarik buat gw. Tentang motivasi karyawan. Untuk perusahaan yang cukup besar, ada yang namanya anggaran pengembangan SDM. Biasanya, anggarannya dipake buat ngedaftarin pegawai/staff-nya di seminar motivasi atau ngikut outbond. Di buku ini dijelasin kenapa hal2 sejenis jadi semacam komentar negatif penuh kesinisan buat pegawainya. Yah,, ada penjelasan, dan gw ngerasa iya banget ama alasan itu. Seolah cuma penjejalan dan pemaksaan belaka. Abis itu ya sudah… Jadi yah, kalo gw liat2.. ngasi seminar motivasi ke pegawai tuh kayak ngebayar pawang hujan pas waktu ada event tertentu. Beberapa pihak tau kalo itu ampuh-gak-ampuh buat menangkal hujan, tapi tetep ajah biaya dikeluarin biar jadi alasan kalo tindakan pencegahan itu tetep ada. Dan berikutnya, tinggal salahin ajah si pawang hujannya.

Hmm.. begitulah… Jadi, singkat cerita, walo gw gak sukak cara penulisannya… gw cukup suka sama hal yang dibahas di sini. Dan… 2 bintang buat buku filosofis pinjaman dari meja senpai.

2-stars

Leave a Reply

