Menyelesaikan “Reading package lists… Error!” di Linux Mint

Jadi yah, setelah lama gak install2 via terminal (yang musti kehubung ke internet gitu), gw kemarin nyoba install sesuatu lagi. Biasanya, gw kan donlot dulu package-nya di kantor (yaaa… oportunis dikit gapapa lhah ya πŸ˜› ), trus copy ke si eunji (nama laptop gw di rumah), trus baru dah install. Tapi sekarang ceritanya, gw lagi seneng2nya make ngabisin kuota dari nomer hape gw yang berujung pada kegiatan buat beli paket berkali2 T_T

Karena kegiatan gw yang gak lazim itu, jadilah pas butuh satu aplikasi, gw langsung pake cara standar ajah di terminal (pake apt-get install ___), dan kondisinya gw gak pake DVD repo. Di sinilah sebenernya tulisan ini bermula. Jadi, pas gw ketikin

sudo aptitude install amarok

Yang keluar malah gini:

Couldn’t find any package whose name or description matched “amarok”
Couldn’t find any package whose name or description matched “amarok”
No packages will be installed, upgraded, or removed.
0 packages upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.
Need to get 0 B of archives. After unpacking 0 B will be used.

Uhmm… ini gak banget, kan… jadi gw cobalah ketikin:

$ sudo apt-get update

sama

$ sudo apt-get upgrade

ternyata… hasilnya tuh gini:

[ ERR] Reading package lists
E: Encountered a section with no Package: header
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/packages.linuxmint.com_dists_rebecca_import_i18n_Translation-en
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.
[ ERR] Reading package lists
E: Encountered a section with no Package: header
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/packages.linuxmint.com_dists_rebecca_import_i18n_Translation-en
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.

Gw jugak gak tau apa yang gw bikin sebelumnya sampe keluar error gitu. Yah, sebenernya gak penting2 jugak c install amarok, toh dari awal, nih linux mint dah ke-install VLC ma Banshee. Tapi yaaa.. pengen aja cari alternatif lain. Karena penasaran, nemu lah satu thread ini.

Dari sana, dibilang cara nyeleseinnya pake 3 langkah ini:

$ sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf

Kode di atas, gw sebenernya juga gak tau artinya. Tapi, kalo rm buat nge-remove, yaaa… mungkin maksudnya buat ngehapus semua file di bawah direktori /var/lib/apt/lists, terus tulisin progres ngapusinnya (soalnya, -v itu pendekan dari “verbose” kalo gak salah). Abis itu, masukin ini:

$ sudo apt-get update

Kalo dah keluar macam2, brarti dah selese… tinggal dieksekusi kayak biasa… Dan, FYI… gw gak jadi install amarok. Tapi ya gapapa lhah… toh ujung2nya jadi 1 tulisan di mari πŸ˜›

Moga ngebantu yah, Guyz… πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s