Passion dan Label

Singkat postingan, daripada gw ceritain idup pribadi gw (tepatnya perbincangan gw ama si teteh pas bongkar2 dokumen jaman sekolah dulu), baiknya gw langsung ke kesimpulan ajah yah…

Jadi, kesimpulannya…

Belajarlah dari ahlinya, karena dari sang ahli kita mendapatkan 2 hal. Passion yang diturunkan, dan juga label sebagai anak didik seorang ahli.

Ahli yang gw bilang ini bisa siapa ajah lhoh ya… yang penting, beliau udah ternama. Minimal, ternama dalam pikiran anak didiknya. Karena, cuma hal itu yang bisa bikin sang murid menghargai gurunya. Rasa menghargai dan label sebagai “anak didik seorang ahli” itu lah yang bakal ngebikin si murid selalu berusaha, dan gak mau malu2in nama gurunya sendiri. Tapi ini cuma satu aspek yang kayaknya kecil banget buat diperhitungkan.

Aspek lain yang lebih besar yaitu tentang passion. Seorang ahli akan memiliki passion yang besar terhadap keilmuan yang mereka pegang…. dan passion itu gak berenti sampe di sana. Kalo ajah sang ahli benar2 menganggap anak didiknya sebagai seorang murid, maka passion itu akan berusaha untuk diturunkan oleh sang guru sebagai pewaris penerus ilmu…. dan well, passion itu akan membuat seseorang bekerja keras untuk mencari pembuktian terhadap dirinya dan juga hal lain.

Hmmm… hmmm…

Beberapa mungkin ajah bisa jadi gak setuju ama hal2 di atas, bahkan bisa memberikan contoh nyata tentang hal yang bertolak belakang dengan hal itu. Tapi… gw menganggap penjelasan di atas cukup masuk akal (hyaayaa lah,, kalo gak, gak bakal gw tulis di mari).

Walo gitu, gw juga gak tau mau gw aplikasiin di mana itu filosofi hidup tentang proses belajar. Toh, pas waktu gw nerusin kuliah pun, ada kemungkinan gw gak bisa milih siapa dosen gw nantinya. Gw nasihatin ke sepupu gw yang masih kuliah?! Well, kondisinya c sama ajah. Jadi… ya sudah.

Cukup diingat ajah. Kali nemu satu atau dua kesempatan yang bisa gw pake buat ngaplikasiin filosofis di atas…

One thought on “Passion dan Label

Leave a Reply

