Mempersiapkan Hari Tua

Jadi yah… dari sekian banyak hal yang dipersiapkan para pekerja untuk menghadapi hari tua, ada satu hal penting yang pastinya gak ketinggalan buat dibahas… yaitu “uang/potongan pensiun”.

Ceritanya, buat kantor gw, uang pensiun itu kan gak jadi fasilitas kayak di kantor lainnya. Even udah pegawai tetap, tetep ajah gak difasilitasin. Kalo dulu, kata pegawai2 lama, potongan pensiun itu ada ujudnya, dalam bentuk tabungan pensiun dari Bank yang sodaraan ama Nogizaka46 (di logo tuh bank ada angka 46 jugak soalnya). Tapi, sejak ganti nama de el el de es be, pensiun itu bukan lagi hak pegawai. Sok ajah kalo mau daftar, tapi kalo gak ya mereka juga gak mau tau.

Nah, ceritanya, gw tau dari salah seorang senior di sini (as always, ini maksudnya junior gw, tapi lebih berumur dari gw), kalo si Bapak udah dari SDM untuk nanyain potongan pensiun… dan ternyata walo gak ada hak, mereka bisa bantu daftar ke BPJS Ketenagakerjaan buat potongan pensiun. Toh ujung2nya potong uang gaji jugak, makanya mereka mau fasilitasin… tapi ya gitu… musti ke SDM pusat. Sedang gw, penempatannya gak di mabes.

Jadi, gw informasiin lah tuh berita ke temen2 seangkatan perekrutan… yang pastinya rata2 hampir seumuran gw (walo faktanya, gw paling lumayan jauh “junior”-nya di kelompok ini). Dan u know what… ternyata, cuma gw yang begitu antusias ama masalah potongan pensiun ini. Mungkin karena gw bermental PNS kali yah… jadi segitunya banget pas denger kalo uang pensiun bisa diurusin ama SDM walo nyatanya itu bukan fasilitas kantor.

Either udah daftar program yang lain atau memang gak mau dapet potongan lagi gara2 dah punya usaha sampingan, itu alasan yang mereka kasi ke gw. Hhh… tampak emang gw yang telat ngurusin gini2an. Kadang gw jadi bertanya2…. kalo ajah mental yang gw pake mental PNS, kenapa bisa gw nolak banget ama titah bokap buat daftar PNS yak?

Leave a Reply

