[Resume Buku] Montase

Diambil dari Goodreads

Judul: Montase
Author: Windry Ramadhina
Penerbit: Gagas Media
Halaman: 368

Resume:
Rayyi… mahasiswa peminatan produksi film di IKJ, hidup dengan bayang-bayang pengharapan orang tuanya untuk meneruskan usaha besar sang ayah di industri perfilman. Hanya saja orang tua dan anak merupakan 2 sosok yang berbeda dengan keinginan mereka masing-masing. Sehingga, Rayyi bisa saja mengambil peminatan produksi untuk kuliahnya, tetapi keinginan terbesarnya yaitu menjadi pembuat film dokumenter.

Saat Rayyi mulai mengambil mata kuliah peminatan dokumenter secara sembunyi-sembunyi dari ayahnya, Rayyi mulai mengenal sosok Haru Enomoto. Haru Enomoto, wanita keturunan Jepang yang mencari ilmu di IKJ dikarenakan universitasnya tidak memiliki peminatan film dokumenter, merupakan sosok yang Rayyi benci awalnya… karena Haru telah mengalahkannya dari sebuah kompetisi membuat film dokumenter. Walaupun demikian, setelah menghabiskan saat2 bersama untuk melakukan syuting dan kegiatan lainnya, akhirnya Rayyi mulai melihat Haru sebagai sosok yang berbeda.

Hubungan Rayyi dan Haru berlangsung baik, tetapi hal sebaliknya terjadi untuk hubungan Rayyi dengan ayahnya. Berawal dari presentasi UTS mata kuliah Produksi IV yang mengundang sineas ternama sebagai penguji, membuat ayah Rayyi menjadi mengetahui apa yang dikerjakan oleh anaknya di kampus. Faktanya, Rayyi memang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan keinginan sang ayah. Sosok yang menginginkan Rayyi untuk meneruskan industri perfilman modern… untuk menghasilkan film2 populer… Film yang dianggap sampah oleh kacamata Rayyi.

Pertentangan mungkin saja terjadi, tetapi Rayyi tetaplah Rayyi. Kali itu, ia tidak dapat menentang keinginan sang ayah. Sampai suatu saat, ketika Rayyi mengetahui suatu fakta tentang Haru Enomoto. Fakta yang pada akhirnya membawa Rayyi untuk mengejar impiannya.

Opini gw:
Wooowww… gw amazed ama novel ini. Tokoh utamanya cowok, padahal pengarangnya cewek. Dan penceritaannya… nyaman buat dibaca. Typo-nya jugak gak ada. Entah gw ajah yang gak sadar atau gimana… tapi pas gw baca, bersih dari kesalahan ketik. Bahkan, penulisan “di” yang disambung ama dipisah pun tepat banget ditulisinnya.

Buat cerita, gw gak komentar deh… karena menurut gw temanya umum. Kasusnya aja yang gak biasa. Tapi, penjelasan yang mudah dipahami tentang perfilman dan hal-hal di sekitarnya, bikin novel ini enak dibaca. Deskripsinya runut & teratur. Bahasa yang dipakai juga bahasa formal, tapi itu gak ngurangin kenikmatan buat baca novelnya. Gw tetep bisa ngebayangin karakter setiap tokoh dalam sifat yang “informal”. Trus lucu ajah ngebaca istilah “kepala angin”. Awalnya gw gak nangkep maksudnya… ya ya ya… maafkan gw yang gak gaul buat pemakaian bahasa. Tapi… lamaan dikit ngebacanya, gw jadi tau yang dimaksudkan si tokoh utama. Ternyata “kepala angin” maksudnya “airhead”. Lucu ajah c dibahasain gitu.

Tapiii… walo banyak yang gw sukak di novel ini, ada hal yang paling gw sebelin di novel ini… yaitu tentang hubungan Haru dan Rayyi. Kamu baca sendiri aja lhah ya… soalnya, kalo gw bilang di mari, ada kemungkinan nafsu baca kamu bakal ilang dengan sendirinya. Owhh… tapi, selain hubungan Rayyi-Haru, gw agak sedikit bermasalah sama penggunaan kata-kata dalam kosa kata Jepang. Berasa gak tepat ajah penggunaannya. Mungkin udah tepat, tapi referensi gw ajah yang kurang kali yah… jadi berasa gak tepat gitu. Dan hal lain yang menurut gw ngeganggu itu… tentang pendeskripsian pake Goggle V. Dari sekian banyak seri super sentai, kenapa musti Goggle V c?! Menurut gw, agak2 gak sesuai ajah…

Okeh… singkat cerita, gw kasih 3 bintang ajah buat novel ini. FYI, ini novel pertama yang gak gw kurangin bintangnya walo ada hal fundamental yang gak sesuai ama keinginan gw.

3 Stars

O iya, walo judulnya Montase, gw gak nemu penggunaan kata-kata ini di novelnya. Jadi kamu yang biasa ngeliat novel dari judulnya, mungkin pengharapan kamu akan terjawab, walo penggunaan katanya gak bakal kamu temuin di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s