[Resume Buku] The Secret of Spiggy Holes

Diambil dari Goodreads

Judul: The Secret of Spiggy Holes (The Secret Series #2)
Author: Enid Blyton
Versi: e-book

Resume:
Nora, Peggy, Mike, dan Jack bertualang kembali setelah petualangannya di Secret Island. Empat bersaudara (Jack menjadi saudara angkat 3 lainnya di akhir buku pertama) ini menghabiskan libur musim panas di Spiggy Holes, sebuah tempat di tepi pantai dalam pengawasan Miss Dimity (dan George si penjaga kebun). Miss Dimity memiliki sebuah rumah musim panas bernama Peep-Hole di Spiggy Holes, dan di sanalah mereka akan berpetualang. Awalnya petualangan mereka berlangsung seperti umumnya petualangan anak-anak yang penuh imajinasi dan permainan. Berenang, menyusuri pantai, melihat-lihat kebun, dan hal menyenangkan lainnya.

Akan tetapi, semua itu tidak berlangsung lama karena kebosanan yang meliputi mereka. Rasa bosan tersebut membuat mereka berpetualang ke sebuah rumah yang sudah lama ditinggal penghuninya. Rasa ingin tahu membuat mereka ingin mengeksplorasi rumah tersebut. Sayangnya, awal kedatangan mereka bertepatan dengan kedatangan 2 orang yang akan membeli rumah tersebut. Mendapat penolakan dari kedua calon pemilik rumah, akhirnya anak-anak tersebut menghentikan kegiatan mereka.

Hanya saja, gerak-gerik mencurigakan datang dari pendatang-pendatang tersebut. Berbekal dengan rasa penasaran, ingin tahu dan semangat petualangan yang menggebu, keempat bersaudara ini menyelidiki hal-hal yang menurut mereka tidak wajar. Tanpa mengetahui penyelidikan mereka akan berakhir dengan segala ketegangan yang bahkan orang dewasa pun… akan sulit menghadapinya.

Opini gw:
Satu lagi petualangan yang diakibatkan rasa ingin tahu dan terlalu banyaknya waktu luang. Ditambah sedikit nyali, serta rasa penasaran yang menyebalkan, jadilah cerita petualangan yang mendebarkan. Well, gw gak bisa bilang The Secret Series ini merupakan novel yang menyebalkan… bagus malah! Penuh petualangan dan terasa sangat nyata. Tapi… semuanya berawal dari pikiran-pikiran menyebalkan anak-anak yang selalu pengen ikut campur urusan orang lain. Hal itulah yang bikin gw agak ngerasa keganggu.

Bukannya kenapa2, soalnya, pas libur ganti taun ajaran jaman sekolah dulu, kerjaan gw kalo gak nonton tipi, yaaa.. tidur… sekali2 maen PS lhah… Sampe, gw gak tau apa yang musti gw bicarain pas kelas bahasa inggris pertemuan pertama. Kamu juga gitu, kan?! Disuruh menceritakan pengalaman pas liburan… padahal kamu gak ngapa2in selain maen ke mall bareng temen2 sekelas. Itu pun kalo kamu punya temen. Kalo kamu sejenis ama gw, paling kerjaannya cuma ngabisin waktu di stasiun radio tempat Bokap kerja. Soalnya, kalo liburan panjang, biasanya gw ke tempat Bokap soalnya, dan di sana… gw gak punya temen pastinya.

Jadi begitulah… Balik lagi ke ceritanya, sebenernya menyenangkan membaca petualangan Nora, Peggy, Mike, dan Jack. Terutama Jack yang memiliki pengalaman lebih banyak dibanding yang lainnya. Jadi selalu ada banyak akal dan cara yang dimiliki Jack untuk mengatasi kesulitan mereka. Hanya saja, gw kadang ngerasa capek. Pas lagi seru2nya, ada aja kabar buruk yang tiba2 datang. Terus, pas semua udah diperhitungkan dengan matang, adaaa aja kejadian gak terduga yang tiba-tiba muncul. Capek! Sampe2 gw selalu ngitungin, gw musti baca berapa halaman lagi biar nyelesaiin ceritanya.

Dari segi bahasa, gw gak mau terlalu banyak berkomentar… soalnya gw baca yang versi non-Indonesia. Jadi gw sedia kamus selalu… dan semua kata sulit yang gw coba cari di kamus, nemu selalu padanan katanya. Bahasa Inggrisnya juga enak dibaca. Paling gak gw jadi tau kalo kata “jolly” bisa jadi kata sisipan buat penekanan gitu. Dan… hal yang bikin gw kaget di buku ini, pas kata “gay” digunakan. Pas gw cek kamus, ternyata maksudnya itu kesenangan, meriah… dan lain2. Baru tau kalo kata gay punya kata lain selain homosexual. Hmmm… hmm…

Begitulah, tampaknya Secret Series gak masuk dalam cangkir teh gw. Soalnya pas baca yang pertama, gw juga dag-dig-dug gitu. Tampak gw lebih cocok ama cerita2 macam Mallory Towers atau Si Kembar. Cerita petualangan, tapi di sekolah gitu. Kehidupan di sekolah lebih bisa gw tolerir daripada petualangan di alam bebas yang serba terbuka.

Jadi, menutup postingan, 3 bintang gw kasih buat petualangan 4 bersaudara yang penuh pengalaman mendebarkan.

3 Stars

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s