Haters gonna Hate!

Jadi…. gak kayak biasanya, pulang ngantor, gw gak langsung ke kosan. Tapi, gw nyari gosip dulu. Demi info yang diminta ama, kisanak kalambe… Infonya c cukup lah ya, gak lengkap2 amat, tapi cukup lhah… tapi apa yang gw dapat mulai dari sore sampai malam terlibat dalam perbincangan gak jelas itu, ternyata lebih banyak dari yang gw butuhkan.

Di perbincangan gw malam itu, gw mendapati opini berupa gosip (gw gak bisa nyebut fakta, karena gak bisa klarifikasi langsung) dari banyak hal. Tentang temen gw yang ngerasa di-dzolimi (bener gak gini tulisannya?!) ama atasannya. Kata temen gw, gajinya berkurang… padahal peletakan dia kerja ada di 2 unit berbeda. Dia ngerasa di-dzolimi sama pihak unit gw. Katanya dia dikasi beban, tapi penilaian indeks kerja dia yang berpengaruh di penggajian, diatur di unit lain. Bukan unit gw.

Belum lagi, senior gw (honestly, gw respek ama ni senior satu karena kodingnya jago, dan gw dulunya hampir ajah ngambil topik Tugas Akhir yang sama ama dia)… jadi dia cerita tentang seorang atasan yang cuma bisa komentar. Bahkan, kalo pun emang pengen nambah “income” unit, sang atasan juga gak jago2 amat. Bisanya ngatur doank.

Well, pembicaraan2 penuh rasa sakit hati itu, sebenernya cukup memuakkan buat gw. Tapi, gw tetap harus terlibat. Karena yang satunya temen gw… satunya lagi senior gw, dan gw hormat ama dia. Gw ngerasa agak gak nyaman di sana, karena biasanya gw gak pernah meng-kronfontir orang di belakang secara personal. Kalo satu unit, gw c sering. Tapi gw gak pernah melibatkan hubungan personal. Tetap mengacu ke cara kerja yang ada. Dan yang bikin gw lebih eneg lagi, mereka berpendapat menggunakan asumsi. Sesuai cara kerja sistem lama. Gw sebenernya cukup tau apa yang mereka kemukakan waktu itu udah gak valid lagi… tapi, pas gw memberi penolakan pendapat…. yang gw dapat hanya penolakan lain. Sayang ajah gw gak punya bukti lebih lanjut buat mengemukakan fakta. Toh, itu semua adanya di “belakang layar”. Kebetulan aja gw tau.

Jadi… apa yang gw dapat malam itu… cuma perasaan gak enak. Pantes ajah yang namanya aktivitas “ngebicaran orang” (kata temen gw, namanya ghibah) sifatnya dilarang. Karena rasanya emang gak nyaman. Gw seneng gosip! Tapi, ghibah beda dengan gosip yaa… Menurut gw! Dan sebenernya, gw kadang ngebicarain orang lain jugak! Itu pasti. Yang gw jelek2in, pastinya tentang kerja mereka yang gak profesional dalam kacamata gw. Itu ajah. Kalopun gw harus ngehina secara personal, si orang itu, gw lakukan terang2an. Sampai mulut gw benar2 tertutup gara2 tangisan orang yang ngerasa dihina itu. Habis itu gw bakal diem. Minta maaf c enggak… karena gw gak ngerasa ngelakuin kesalahan, tapi gw juga ikut nangis. Yah, gw kan derama! Mau gimana lagi.

Sebenernya gw pengen ngebantah temen ama senior gw itu di sini. Tapi, kayaknya gak penting lah… Soalnya, pas gw ngomong langsung, mereka gak mau dengar. Mereka udah bias. Seolah ada hal yang gw gak tau tentang mereka. Lagipula, dari obrolan2 mereka, gw ngalamin langsung, kok… dan gw, ngerasa kalo mereka itu… berlebihan untuk mendeskripsikannya.

Kesimpulannya, buat kamu yang ada di luar sana, gw cuma ngedoain kalo kamu gak punya sifat gak percayaan ama atasan kamu sendiri. Kalo emang kamu gak sukak, dan kamu ngerasa gak se-visi, semoga takdir kamu buat gak jadi bawahan sang atasan dalam waktu yang lama. Dan kalopun takdir berkata demikian, moga kamu gak ngerepotin temen kamu yang cuma pengen tau gosip tentang siapa nikah ama siapa. Moga pembicaraannya gak makin melebar. Dan buat kamu yang udah percaya penuh ke atasan kamu… semoga kamu dan atasan kamu saling melayani untuk mencapai keutuhan berjalannya sebuah sistem yang lebih besar.

O iya.. ini gak cuma berlaku buat satu perusahaan yah… Buat sebuah negara, hal ini juga sama berlakunya. Dan karena gw belum sepaham ama si kepala negara, jadi… yaaa… gitu deh. 😀

Leave a Reply

