[Review Buku] Matilda

Diambil dari Goodreads

Judul: Matilda
Author: Roald Dahl
Tahun: 1991

Resume:
Matilda, seorang anak jenius yang terlahir dari keluarga yang tidak mengerti akan bakatnya. Matilda menjalani hidupnya dengan mandiri. Kejeniusan Matilda tidak disadari oleh dirinya yang membuat ia sama seperti anak berumur lima tahun lainnya. Ketika memasuki dunia sekolah, hidup Matilda tidaklah seperti anak-anak normal lainnya. Ia mendapatkan kepala sekolah yang kejam dan suka membuat caci maki terhadap anak-anak yang bersekolah di sana. Tetapi, kekejaman tidak akan berdiri sendiri tanpa belas kasihan yang menemani di sampingnya. Dan di sanalah Miss Honey, guru sekaligus wali kelas Matilda merupakan sosok baik yang “mendampingi” Miss Trunchbull, sang kepala sekolah yang kejam.

Kejadian demi kejadian menyeramkan anak-anak itu alami. Mulai dari seorang anak dengan rambut gaya pig tail yang harus mengalami situasi menjadi objek lempar martil, anak rakus yang dapat menghabiskan sebongkah besar kue coklat utuh, dan hal-hal ajaib lainnya. Setiap keanehan dan kejadian tersebut Matilda saksikan dengan perasaan yang “wow”, tanpa tahu harus berbuat apa. Semuanya terjadi bergantian tanpa ada yang bisa menghentikannya, sampai Matilda mendapat tuduhan yang tidak beralasan dari sang kepala sekolah.

Tuduhan yang tidak beralasan tersebut membuat Matilda sadar akan sebuah keajaiban yang merupakan potensi besar dirinya. Ketika ia memutuskan untuk mendiskusikan hal tersebut dengan wali kelasnya, Miss Honey, Matilda mengetahui sebuah fakta yang mengejutkan tentang wali kelasnya. Berbekal semua informasi yang ia miliki, akhirnya… semuanya berakhir dengan kepergian keluarga Matilda.

Opini gw:
What a story is this! Itu komentar gw pas namatin buku ini. Tanpa gw tau arti bahasa inggris itu, yang jelas… kata itulah yang gw ucapkan. Ada rasa heran, rasa gembira, rasa kesal, juga rasa bingung yang nyampur jadi satu. Serius… gw gak tau tepatnya apa buat ngungkapin perasaan gw pas abis baca nih buku.

Jadi yah… pas awal2, gw kaget ama deskripsi tentang para orang tua yang bias banget ama anaknya. Terus, pas tengah2, gw lebih kaget lagi ama kata2 Miss Trunchbull buat maki2 anak2 sekolahan itu. Mana mereka masih kecil2. Dan bukan cuma itu… ini buku buat anak2 bukan?!

Pas akhir2, gw udah mulai penasaran si Matilda mau ngapain. Terutama pas abis dia nanya tentang panggilan kecil buat Miss Honey juga Miss Trunchbull. Wooww… dan gw terpukau tentang aksi besar si Matilda kecil. Kagum sekaligus heran. Terlebih di akhir cerita. Ada perasaan gantung di sana ketika diceritakan keluarga Matilda harus pergi dari kediaman mereka. Asli… gw ngerasa gak jelas.

Well, sebenernya, yang sekarang bukan pertama kalinya gw baca Matilda. Dulu… duluuuuu banget. Gw pernah baca Matilda. Sekitar jaman awal2 masuk SMP gitu kalo gak salah. Terus pernah juga nonton filemnya (beneran kan ada filemnya? gw lupa2 ingat soalnya). Jadi seharusnya, gw gak kaget ama ending ceritanya. Tapi, yang gw hadapin… ternyata…. justru kaget banget ama endingnya. Mungkin gw lupa ceritanya, tapi bisa juga karena yang gw baca sekarang versi bahasa Inggrisnya. Weeewww… segitu hebatkah arti perbedaan bahasa bagi sebuah buku?! Uhhmm… dan buku ini sukses bikin gw bolak-balik kamus. Ternyata kemampuan english gw masih lum heboh banget ternyata. Well, apapun itu… buku Roald Dahl selalu bikin gw amazed. Soo, 3 bintang buat Matilda kecil yang jenius.

3 Stars

PS: O iya, sorry, review kali ini seadanya doank. Gw bener2 gak tau gimana bikin review buat nih buku soalnya. Sorry yah…

Leave a Reply

