[Review Buku] Perempuan Pencari Tuhan

Diambil dari Goodreads

Judul: Perempuan Pencari Tuhan
Author: Rindu
Penerbit: Qultum Media
Halaman: 204
Cara Dapat: Hibah

Resume:
Pernah mengalami kegalauan karena cinta? Pernah kepikiran tentang makna hidup kamu yang sebenarnya menurut agama? Atau… mungkin kamu pernah kepikiran kenapa kamu begitu banyak disertai cobaan? Atau mungkin kehabisan kata-kata saat berdoa? Rindu dalam bukunya akan memberikan kamu inspirasi tentang semua pertanyaan-pertanyaan itu. Buku religi non-fiksi berupa kumpulan dari pemikiran penulisnya, dan dikhususkan pada agama tertentu, merupakan hal yang dapat kamu temukan dalam buku ini.

Opini gw:
Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa gw ngebaca buku ini… Padahal “kitab panduan idup” gw sendiri gak pernah gw baca. Hmmm, yaaa begitulah… yang jelas, buku ini gw baca biar timbunan gw dibabat habis 😀 Kalo kamu nanyain kenapa bisa buku ini ada di timbunan gw, jawabannya gak lain dan gak bukan karena ini buku hadiah. Jadi gw nge-post jawaban di satu blog yang ngasi hadiah buku tiap minggunya (sumpah, ini udah lama banget… bahkan gw lupa alamat blog-nya), dan inilah buku yang dikirimkan. Yaaaa… gw juga gak bisa dong nyalahin penyelenggaranya. Udah syukur dikasih gratis 😀 Jadi yaaa tinggal dibaca aja.

Ngebaca buku ini, gw jadi kepikiran ama karakter orang yang nulis bukunya. Bukannya kenapa2, tapi pas kuliah dulu, gw pernah dapat temen kayak gini… yaaa, kita gak berinteraksi langsung c yah. Cuma, kadang kita dapat 1 kelompokan gitu… dan yang jelas, dia bukan tipe orang yang gw bisa berinteraksi dengannya. Bawaannya santai dan serius sekaligus, tapi yah… gw gak tau apa… yang gw tau… gw ngerasa sebel kalo dia udah ngomong. Udah! gitu ajah emang. Tipe orang yang harus gw hadapi dengan membohongi diri sendiri demi kata toleransi.

Oke, tapi seharusnya kita gak ngebicarain penulisnya yah… yang musti kita bicarain adalah bukunya. Yah, gw emang parah… malah ngomentarin penulis, bukan bukunya.

Balik lagi, buku ini kayaknya merupakan kumpulan dari tulisan2 Rindu tentang kehidupannya. Mungkin mirip2 ama PELIT (personal literature), tapi isinya sama sekali beda ama PELIT kebanyakan… karena terkait tentang arti hidup dan pedoman hidup berupa agama Islam. Dan yah… pas waktu liat blognya (tercantum di bagian tentang penulis), ada kesamaan antara tulisan dan buku. Gw gak tau mana yang duluan ditulis, tapi kalo kamu agak enggan menghabiskan uang kamu padahal pengen dapat pencerahan dari buku ini (ratingnya lumayan tinggi di goodreads soalnya), kamu bisa langsung liat blognya. Baca2 di sana… sifatnya c mirip2.

Untuk ngeluarin pendapat pribadi, gw bakal publish yang gw rasain pas baca buku ini. Berikut pendapat gw yang gw ambil dari akun goodreads gw:

Page 57/204:

sejauh ini.. risih banget ama typo-nya. bahkan curiga di halaman 56 ini ada kata “sangat” ketukar jadi “sayang”. curiga aja c.. dan buat konten.. awalnya dakwah gitu, terus crita pengalaman pribadi, critain petuah guru agama, dan sekarang.. doa.. we’ll see berikutnya apa.

Page 108/204:

kata2nya terlalu bersayap buat gw.. trus ditambah typo.. makin lengkap lhah ini pembenaran kalo gw gak ngerti apa yg dia tulis di mari. 😦 well, buat yg ga setuju, silahkan hakimi kl gw emang gak cukup religius buat tulisan2 di buku ini..

Page 115/204:

ini.. kenapa tiba2 ganti topiknya drastis? awalnya bicara temen yg tobat, terus tiba2 bicarain annisa pohan?

Page 161/204:

arrgghhh.. makin gak ngerti >.< katanya “ikhlas tak berujung”.. padahal sebelumnya ada kata2 yg bilang titik nol keikhlasan merupakan penghujung. duh, bukunya beraaaattt 😦

Review:

overall, bukunya berat. cocok untuk jadi bahan di pengajian. bukan buku bertema kehidupan yang bisa dibaca semua agama. spesifik islam.. kayaknya c..

typo-nya banyak.. berhubung ini bukan buku yg masuk dalam cangkir teh gw, cuma 2 bintang aja yg bisa dikasih. pengennya c diskon lagi gara2 kebanyakan typo dan kata2 yg terlalu indah. Tapi.. seharusnya ini gak boleh jadi buku yang gak disukai. karena isinya berat dan bermakna menurut mereka yg pastinya sepaham. jadi.. 2 bintang cukup lah ya buat nyatain kalo buku ini mrp buku reliji non fiksi yg cukup ok..

Gimana?! Cukup menggambarkan?? Oke, kalo enggak… mending baca langsung. Kontennya keren kok kalo kamu merasa sependapat ama apa yang penulisnya tulisin. Tapi kalo gw… seperti yang gw bilang, cuma 2 bintang yang bisa gw kasih untuk buku yang kebanyakan bercerita tentang cinta ini…

2 Bintang

Leave a Reply

