Kenapa Harus Membaca Buku (?)

Well, ini bukan postingan tentang n alasan kenapa kamu musti baca buku. Bukan! Ini justru benar2 pertanyaan kenapa c musti baca buku? Gak ada jawaban di sini. Karena jawabannya, kamu bisa googling. Pasti bakal muncul jutaan hasil pencarian dari keyword “Kenapa Membaca Buku”.

Bukannya kenapa2 c yah… Gw c sukak baca buku. Apalagi buku komik sama buku fantasi. Tapi, kadang gw cepet bosen gara2 bukunya gak seru menurut gw. Atau, bahkan yang paling parah… kalo ternyata gw baca buku yang gak masuk dalam “cangkir teh” gw. Kalo udah gini, gw kepikiran sendiri… Kenapa gw baca buku? Emang apa yang gw dapatin abis namatin tuh buku? Apa gw gak cuma ngabis2in waktu ajah? Kerjaan gw kan lumayan banyak sebagai pegawai baru… Pas akhir minggu, gw bisa nyelesaiin tuh kerjaan sebagai ganti rutinitas baca buku. Gitu… gw kepikiran hal2 semacam itu.

Pernah gak kamu kepikiran kayak gitu? Hmmm… mungkin jawaban yang gw terima adalah “enggak” kali yah. Dan parahnya, kalo kenegatifan gw udah nyampe puncaknya, gw sukak kepikiran… alasan2 yang gw temuin di internet itu, adalah alasan yang dibuat2 oleh para pelaku industri buku. Entah itu bagian percetakan, penulis, atau toko buku. Hhhh… gw gak ngerti dah kalo dah gini. Pengen ngasi perlawanan ama diri sendiri pake kata2: “Bahkan, agama memiliki kitab suci buat dibaca para pemeluknya! Artinya, kita emang butuh bacaan dan membaca”. Tapi… biasanya gw malah ngelawan lagi pake kata2: “Oke, itu kitab suci. Tapi cerita fiksi?? Gw masih bisa anggap kalo non-fiksi. Tapi fiksi?? Apa yang bisa didapat dari itu? Apa untungnya tau kisah cinta, petualangan, atau karakter orang lain?”. Dan… well, gw speechless sendiri jadinya.

Yah… gitu dah… moga gw dapat pencerahan secepat mungkin. Gw gak tahan ama diri gw yang makin lama makin aneh ini. Apa ini pengaruh faktor usia kali yah? Hhh… entahlah… yang jelas, ampe sekarang gw masih belum nemu alasan dari pertanyaan “Kenapa harus membaca buku?”

One thought on “Kenapa Harus Membaca Buku (?)

Leave a Reply

