[Review Buku] SkripShit

Diambil dari Goodreads

Judul: Skripshit: Kisah Sesat Mahasiswa Abadi
Author: Alitt Susanto
Penerbit: Bukune
Halaman: 296

Resume: –

Review:
Langsung ajah review yak… Karena gw gak yakin ini tuh novel atau PELIT (Personal Literature). Jadi gw agak2 bingung buat ngasi resume-nya. Kalo diliat2 c kayaknya kisah “fiksi” yang disadur dari kehidupan sehari-hari. Ada bumbunya dikit biar seru. Jadi… mungkin mirip2 Kambing Jantan, Poconggg dan sejenisnya lhah… Tipe2 yang seharusnya mengocok perut dengan lelucon kasar yang lagi digemari sama anak muda, tapi cukup menimbulkan sensasi aneh penuh kegaringan buat orang2 setipe gw.

Dan karena males nulisin, gw kasih ajah yah catatan gw di goodreads buat nih buku, sejak mulai baca halaman pertama… sampe ngeliat cover belakangnya.

Status pertama:

so far… ngerasa kalo lelucon nih penulis agak keterlaluan. Terlebih pas waktu di “Welcome to the Jungle”. Mungkin gw terlalu serius ngebacanya… tapi mengkritik seorang dosen dengan cara begini… gw kira bukanlah hal yang pantas. Terlebih buat lucu2an.

Status kedua:

oke… ternyata bukan cuma tentang skripsi… tapi juga kehidupan kuliah.

Tapi tetep ada bagian nyinggung2 dosen yang tetep bikin gw gak enak. Gw khawatir aja anak2 SMA atau mahasiswa/i baru yg baca nih buku nganggap serius nih buku kayak gw. Terus jadi gak respek lg ama dosen mereka.

Atau paling parah, mereka nganggap kehidupan kampus itu cuma joke belaka.. kayak candaan2 si penulis ttg hidupnya di kampus 😦

Status ketiga:

sejauh ini… ternyata gak cuma bicara tentang skripsi, tapi juga hidupnya si penulis. Well, terlepas dari ketidaksetujuan gw buat ngangkat tema “dosen killer”, gw suka kata2 ttg orang tua di buku ini.

“So, your parents are the best parents for you, no matter how is the way they teach you, how much you hate them, coz they are chosen by God”

terharu…

Review Akhir:

overall… aneh… judul agak gak sesuai ama isinya.
Ternyata judulnya ini merupakan salah satu bab/sub-bab di buku ini.
Coz buku ini di awal ngejelasin tentang kuliahnya si Alit, terus mulai mundur nyeritain kisah Alitt mulai dia berumur 4 tahun, sampe bisa kuliah di Jogja.
Dan semua itu… bikin terharu…

Tapi gw tetap agak gak setuju kalo deskripsi tentang dosen killer dan lain2nya itu dituliskan secara hiperbol. Khawatir dianggap serius ama orang2 yang sudah atau belum menghadapi. Plus, ini bukan mental seorang pelajar menurut gw. Karena, kalo gw kembaliin ke diri gw sendiri… separah apa pun dosen gw, gw selalu mencoba berfikir positif kalo mereka udah berusaha keras buat ngajarin gw. Dengan gitu, gw juga bakal kerja keras jugak buat nerima ilmu dari mereka.

Nulisin sesuatu yang bener ataupun enggak buat lucu2an tentang pengajar sendiri… adalah satu dari sekian banyak hal yang ditulisin di sini. Dan gw gak sukak itu !

Sangat disarankan buku ini gak dibaca ama anak 19 tahun ke bawah, karena terlalu banyak kata2 “tanpa busana”. Baik dari segi literally tuh arti kata… ataupun perumpamaan lebay.

Buat sinopsis di bagian belakang c… sangat “memancing” rasa ingin tahu. Walo well.. yah… buat isi, penilaian beda2 c ya… Dari segi typo… uhmm… gw cukup yakin, ada typo mas nulis “tesis” di bagian tips. Dan terakhir… itu foto2 di bagian belakang… siapa c mereka??

Begitulaaaahh~~… cukup menggambarkan?? Cukup lhah ya… Singkat postingan, dua bintang buat perjalanan hidup Alitt yang dianalogikan sebagai sebuah skripsi.

2 Bintang

Leave a Reply

