[Review Buku] Percy Jackson & Olympians; The Lightning Thief

Diambil dari goodreads

Judul: Percy Jackson & Olympians (The Lightning Thief)
Author: Rick Riordan
Penerbit: Mizan Fantasi
Tahun: 2008
Harga Normal: 64.000

Resume:
Percy merupakan anak disleksia dengan gangguan motorik. Hal ini menjadikan Percy dikategorikan sebagai anak-anak spesial…. Hal yang membuatnya harus berpindah-pindah sekolah selama 6 kali dalam waktu 6 tahun. Sekolah terakhir yang ia kunjungi adalah Yancy Academy. Di sini, ia bertemu dengan Grover, teman terlama yang ia punya, dan Pak Brunner… guru favoritnya.

Hari-hari Percy berlangsung “normal” dalam ketidaknormalan yang normal. Sampai suatu hari, saat ia mengunjungi museum sebagai acara darmawisata di kelas 12, ia harus bertarung dengan gurunya yang berubah menjadi monster bersayap. Semuanya berlangsung begitu hebat… tapi… ketika ia harus menghadapi kenyataan bahwa ia membunuh gurunya sendiri, ia harus menerima realita bahwa semua yang ia hadapi seolah tidak pernah ada.

Semua kebingungan berlangsung sampai ia tidak sengaja mendengar perbincangan antara guru favorit dan teman terbaiknya. Kebingungan dan kejadian aneh terus terjadi sampai ia tiba di rumah. Dan semua tidak berhenti sampai di sana…. Ia harus menghadapi perjalanan yang mendebarkan saat Ibunya memutuskan Percy harus pergi ke perkemahan musim panas setelah ia bertemu dan mendengar cerita dari Grover. Di perkemahan musim panas inilah Percy harus menghadapi fakta-fakta baru tentang dirinya dan keberadaan dewa-dewi di dunianya.

Faktanya, Percy merupakan anak blasteran, seorang anak yang terlahir dari hubungan antara dewa/dewi dan manusia. Percy tidak sendirian. Ada banyak anak blasteran yang masuk perkemahan musim panas dengan status berbeda-beda. Beberapa dari mereka ada yang diakui sebagai anak oleh sang dewa, dan kebanyakan… tidak. Dan Percy… salah satunya yang diakui. Percy mengetahui dirinya sebagai anak dewa Poseidon, si Penguasa Laut.

Pengakuan sang dewa laut untuk mengakui anaknya bukanlah hal yang melegakan, karena di balik itu semua, Poseidon membutuhkan Percy untuk menangani konflik yang terjadi di Gunung Olympus–dunia langit tempat kerajaan dewa langit tertinggi, Zeus. Percy dituduh mencuri Petir Asali, simbol kekuatan dari Zeus. Hal yang dituduhkan karena ia merupakan anak Poseidon, salah satu dewa terbesar.

Misi pun akhirnya dibentuk bagi Percy berdasarkan ramalan dari para Oracle, roh Delphi yang merupakan peramal jitu. Petualangan demi petualangan ia hadapi… sampai akhirnya ia harus mengetahui kebenaran dari ramalan yang diberikan padanya. Dan pada akhirnya… Percy harus menerima segalanya… termasuk fakta bahwa dirinya anak dari Poseidon, sang Penguasa Lautan.

Opini gw:
Well, buku ini sebenernya gak akan gw baca kalo ajah gw gak nonton filemnya. Bukannya kenapa2… untuk memenuhi RC 2014, gw kan musti baca buku yang gw udah liat filemnya, tapi lum baca bukunya. Yaaa… 2014 udah mau berakhir, dan progress tuh RC masih jauh dari selesai. Tapi gw pikir gak ada salahnya gw tetep baca nih buku. Sampai yaaa… begitulah, akhirnya gw bela2in beli nih buku di toko buku diskon pas lagi nyari komik. Dan…. gw ngerasa seneng banget gw musti ngebaca nih buku. Gak kecewa, lhah…

Kesan pertama gw penuh dag-dig-dug… Bukannya kenapa2… gw kan dah nonton filemnya. Deg2an ajah kalo imajinasi gw sesuai dengan yang digambarin. Dan well… ternyata beda sensasi emang kalo dah nonton filem baru baca buku. Jadi lebih mudah aja ngegambarin karakter-karakter yang ada. Walo, kayaknya tuh filem beda banget ceritanya ama yang ada di buku. Asli! Ada beberapa bagian yang dipotong kayaknya. Contohnya ajah pas pertarungan Ares ma Percy. Walo yah… sebenernya gw agak lupa filemnya c… cuma seinget gw emang gak ada tuh adegan. Dan memang banyak c yang bedaan. Beda banget. Tapi kayaknya c wajar2 ajah. Gak asik kalo 100% sama.

Dari adegan ke adegan, nyambung jadi satu… dan ada twist gitu di akhirnya. Berasa baca Naruto. Wooowww… gw jadi gak sabar buat baca buku keduanya… walo gak mungkin deket2 sekarang c. Dah akhir taun soalnya… kerjaan numpuk 😦

Dengan demikian, 5 bintang gw kasi buat Percy yang berpetualang di dunia para dewa.

5 Stars

Leave a Reply

