[Review Buku] Touché (Touché #1)

Diambil dari goodreads

Diambil dari goodreads

Judul: Touché
Author: Windhy Puspitadewi
Jumlah Halaman: 205
Tipe: e-book beli di scoop

Resume Buku:
Riska merupakan seseorang yang spesial, dari kecil ia merasakan hal-hal yang tidak biasa ketika ia menyentuh orang di sekitarnya. Ia bisa merasakan perasaan seseorang ketika ia melakukan kontak fisik dengan orang tersebut. Tapi Riska tidak sendirian. Di sekolahnya, dua orang senior memiliki kemampuan yang sama dengan Riska, hanya saja ada perbedaan untuk efek sentuhan tersebut. Indra dan Dani merupakan pemilik kemampuan “sentuhan” lainnya. Indra memiliki kemampuan membaca pikiran orang yang disentuhnya, sedangkan Dani memiliki kemampuan menyerap informasi dari buku yang disentuhnya. Kemampuan-kemampuan istimewa yang disebut sebagai Touché (dibacanya Tusye).

Hidup sebagai Touché bukanlah hal yang gampang buat mereka. Bagi Indra, kemampuannya adalah kutukan. Ia akan merelakan apapun dari hidupnya untuk tidak memiliki kekuatan tersebut. Hal ini dikarenakan setiap orang akan menjauh darinya. Ketika pikiran adalah satu-satunya tempat seseorang dapat bersembunyi, Indra merupakan perusak dari hukum tersebut. Untuk Riska, kemampuan itu membuatnya mengisolasi dirinya sendiri. Ia tidak ingin merasakan perasaan negatif tiap orang. Walaupun di pihak lain, Riska selalu mencuri kesempatan untuk bersentuhan dengan orang-orang dengan perasaan gembira dan perasaan menyenangkan lainnya. Berbeda dengan Indra dan Riska, Dani tidak merasa keberatan dengan kekuatannya walau ia harus menutupi kemampuan tersebut agar tidak dianggap curang karena dapat menghafal apapun hanya dengan menyentuhnya.

Riska hidup terpisah dengan Dani ataupun Indra. Berbeda dengan Dani dan Indra yang sudah bersahabat sejak kecil dan mampu untuk saling “menerima” juga “menghadapi” kemampuan masing-masing, Riska harus harus menjalani hidupnya tanpa mengetahui bahwa ia tidak benar2 sendiri sebagai Touché. Beruntung Riska memiliki Mama yang pengertian dan memahami kemampuan Riska.

Ketiga Touché dipertemukan setelah kedatangan seorang guru dengan kemampuan Touché lainnya, Pak Yunus. Pak Yunus menceritakan bahwa keberadaan mereka harus dirahasiakan karena akan ada banyak hal di luar sana yang mengincar mereka. Orang-orang yang menggunakan kekuatan mereka untuk hal-hal terlarang dan tidak dibenarkan. Berdasarkan peringatan tersebut, Pak Yunus menghilang. Petunjuk yang mereka dapatkan hanyalah sebuah puisi kuno dan beberapa informasi yang mereka dapat secara “tidak sengaja”.

Berbekal kemampuan analisis Indra, rasa persahabatan Indra dan Dani serta perasaan saling memahami antara ketiga Touché, mereka menyelamatkan Pak Yunus sampai akhirnya, mereka menyadari bahwa bukan hanya Pak Yunus yang mereka selamatkan…. tapi juga hidup mereka sebagai pemilik kemampuan Touché.

Opini gw:
Satu buku yang keren dari Mbak Windhy! Ini buku ketiga Mbak Windhy yang gw baca… Pertama Confeito, kedua Incognito dan ketiga yaaa ini… Sebenernya cuma iseng liat buku ini di scoop yang harganya lebih murah dibanding harga Tog* M*s, jadi ajah nyoba baca e-book legal. Dan kebetulan dapat buku yang asyik lhah buat gw. Tapi tetep ajah bikin gw makin yakin akan pendirian tetep ngebaca buku fisik dibanding non-fisik. Ada hal lain… Gw tetep ngerasa ada yang kurang dari proses baca buku ini… dan itu pasti bukan karena ceritanya. Gw yakin itu! Makanya, gw nyalahin kondisi gw yang ngebaca buku non-fisik.

Balik lagi ke buku Touché, buku ini sebenernya bergenre fantasi… tapi pas gw ngebacanya, gw ngerasa kalo Touché tuh bener2 ada. Nyata banget lah rasanya. Point tambahan lain, buku ini bukan sekedar buku fantasi biasa, karena ada aspek analisis, kejutan, romance, bromance dan pastinya twisted ending. Asli, gw nikmatin banget ngebaca buku ini… Typo-nya juga kurang. At least, gw ngerasa gak ada typo di e-book yang gw baca.

Tapi yah, gw ngerasa kuraaaaaang buat bromance yang terjadi antara Dani ma Indra. Iya! Gw sukak ajah kalo dosisnya ditambahin. Sebenernya dosisnya udah pas c, yah… tapi kamu tau ajah, sebagai lowly class of eunhae-shipper, I’m very very thirsty of bromance scene. Belum lagi si Indra ama Dani, masih belum kerasa chemistry di antara keduanya. Justru yah, gw malah ngedeteksi adanya chemistry Dani-Riska.

Yah,,, begitulah. Karena keegoisan gw yang pengen adanya bromance lebih, novel ini gak jadi gw kasi 5 bintang. Sorry yah. Jadi kesimpulannya… Empat bintang buat sentuhan yang mengejutkan di akhir cerita.

4 Stars

PS: Buat kamu yang bawah umur, ati2 pas baca kata2 bahasa Prancis yang tercantum. Termasuk pas waktu mencari arti kata2nya. Gw saranin baca kamus ajah. Coz, gw awalnya juga gak ngerti arti kata2 si Dani dalam bahasa Prancis… Tapi pas gw tanya temen gw, gw pun harus bernasip…. yah… tidak menyenangkan 😦

Leave a Reply

