[Review Buku] The After Dinner Mysteries

Diambil dari goodreads

Judul: The After Dinner Mysteries
Author: Higashigawa Tokuya
Penerbit: Haru
Jumlah Halaman: 284
Harga Beli: Rp. 44.500,00

Resume Buku:
Hosho Reiko merupakan putri dari presiden Hosho Group, sebuah perusahaan raksasa yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari bidang finansial sampai usaha makanan hewan peliharaan. Hanya saja Reiko memiliki kehidupan yang sama sekali berbeda selain menjadi seorang tuan putri. Reiko merupakan detektif penyidik kepolisian daerah Kunitachi. Dalam menghadapi setiap kasus, ia bertugas mendampingi komandan Kazamatsuri. Faktanya, Reiko sangat memandang remeh komandannya yang tukang pamer sebagai putra tunggal dari presiden Kazamatsuri Motors. Walaupun begitu, Reiko tetap memiliki sikap rendah hati pada atasannya tanpa mau membuka identitas dirinya yang lain.

Bekerja sebagai penyidik dengan atasan yang tidak bisa diandalkan bukanlah satu-satunya kendala yang Reiko miliki. Ia menghadapi masalah pelik dengan berbagai kasus yang memusingkan. Setiap kasus yang ia tangani harus ia pikirkan sampai malam hari, bahkan saat ia “bertukar peran” menjadi seorang tuan putri. Dan di saat itulah, Kageyama, pelayan sekaligus sopir pribadi Reiko akan melakukan analisis berdasarkan cerita dari Reiko. Setiap kasus akan diselesaikan oleh Kageyama walaupun akan dibayar dengan rasa kesal Reiko terhadap Kageyama menyampaikannya dengan sindiran personal yang menyakitkan hati.

Terdapat 7 kasus dalam buku ini, dengan rincian 6 kasus  merupakan kasus non-personal yang bersifat lepas dan 1 kasus personel yang hanya perlu pendeskripsian dalam 3 setengah lembar buku. Setiap deskripsi kasus dituliskan secara urut mulai dari awal pemeriksaan sampai ke tahap penyelesaian oleh Kageyama dari cerita Reiko. Dan memang berhenti sampai analisis saja. Gak ada epilog buat setiap kasus, gimana cara Reiko nyampeiin penyelesaian kasus ke atasannya atau hal2 yang kayaknya emang gak penting buat ditulisin.

Opini gw:
Gak banyak yang harus gw komentari dari buku ini, karena yaaa… ini emang buku fiksi detektif kebanyakan. Cuma dikemas dalam format yang berbeda. Sang detektif merupakan seorang tuan putri dengan harta dan kekuasaan yang dapat ia gunakan semena-mena. Hanya saja, tuan putri tidak memiliki kemampuan analisis yang kuat dan cepat layaknya Kudo Shinichi ataupun Hattori Heiji. Kemampuan analisis justru dimiliki Kageyama yang merupakan pelayan pribadi sang detektif.

Kabar yang gw terima, buku ini udah ada doramanya. Sayang ajah belum nonton. Kayaknya c bakal seru doramanya dibanding bukunya. Bukannya kenapa2 c, soalnya gw ngebaca bukunya kayak lagi ngelihat drama detektif Jepang dengan akting pemainnya yang pastinya komikal abis. Mirip2 sama Q.E.D. gitu kalo gw bayangin. Tapi yaaa… gak tau. Jadi pengen nyari nih dorama c intinya.

Balik lagi ke bukunya, gw c cukup puas ama hasil terjemahan dari Haru, walo tetep penasaran ama kata2 asli yang ditulisin sama authornya. Walo yang asli itu pasti gak kebaca ama gw. Gw lum apal kanjii soalnya. Bukannya kenapa2 c yah, gw ngerasa yang diterjemahin ama Haru kadang ada yang pake bahasa formal, ada juga yang enggak. Kadang ngerasa risih, tapi yaaa… kalo emang dari aslinya gitu, yaaa mau gimana lagi. Makanya penasaran ama yang asli. Lagipula nerjemahin ke Japanese kan agak2 gimanaa gitu. Kamu tau ajah lagu JKT48 hasilnya kayak gimana. Tapi yang dialihbahasain ama Haru bukannya gak bagus lhoh yah. Bagus banget malah…

Kalo buat segi ceritanya, sebenernya ada temen2 yang bermasalah karena ngerasa gak segreget kasus di  komik Conan, Kindaichi, Detektif Q, atau Q.E.D. bahkan kalo mau ngebandingin sesama novel, ini masih belum sebanding ama kasus bentukan Conan Doyle atau Agatha Christie. Walo gitu, gw c gak komplain. Toh walo kasusnya ringan, gw masih gak bisa tuh mecahinnya 😛 Dan karena gw jadi belajar suatu hal tentang pernikahan di Jepang, gw fine2 ajah ama kasus yang diangkat. Iya… jadi ceritanya ada kasus tentang pernikahan. Dan dari cerita itu, gw baru tau kalo pelaksanaan pernikahan di rumah bukannya di gedung pernikahan, justru merupakan hal yang mewah. Beda kan yah ama di sini. Balik lagi ke ceritanya, kalopun emang harus bingung, gw bertanya2 ama status Reiko ama Kazamatsuri yang diulang2 di setiap ceritanya. Kan 1 buku… kalo jadi cerbung atau cerpen di koran wajar c… tapi kalo novel berupa kumpulan cerpen dengan tokoh yang itu2 ajah… Uhmm, sayang ajah diulang2 gitu.

Jadi… dari segi cerita gw gak komplain, dari segi alih bahasa juga enggak. Typo… Oke, typo! Gw nemu sedikit typo. Tapi bener2 dikit, jadi masih dalam toleransi buat gw. Tapi gw agak bermasalah ama margin. Berhubung ukuran bukunya gak standar novel yang biasa gw baca, margin yang terlalu kecil, bikin gw agak gak nyaman buat ngebaca bukunya. Cuma karena gak biasa ajah c sebenernya. Dan karena itu, kadang gw ngerasa kalo tulisan yang gw baca tuh miring2 gitu, padahal kayaknya c enggak. Untuk kepemilikan.. baiknya c minjem ajah. Harga aslinya agak mahal soalnya… 59.000 rupiah. Soalnya ini kumpulan cerpen. Kalo novel c gw mungkin gak keberatan. Tapi kayaknya c wajar harga segitu, soalnya covernya bertekstur…. dan… ya itu, ada 7 cerpen di sini.

O iya, buku ini katanya udah terbit 3 seri di Jepang, tapi versi Indonesia baru ada yang pertama. Katanya c gitu… Dan gw merasa bersyukur buat ini. Bukanya kenapa2, tapi gw emang ngerasa kurang c ama buku ini. Masih penasaran ama Kageyama juga Reiko plus Kazamatsuri. Maunya mereka ada konflik internal gitu. Gak cuma nyelesaiin kasus2 doank. Uhhmm… pesan gw, jangan terpengaruh ama sinopsis belakang buku. Walo dia bilang bukunya diceritakan dalam bentuk “komedi”, tapi menurut gw ini gak ada komedi2nya sama sekali, kecuali sindiran kasar Kageyama buat Reiko atau sindiran Reiko buat Kazamatsuri. Kalo kamu tipe yang nganggap sindiran tajam sebagai lelucon, mungkin penilaian komedi itu cocok buat kamu. Tapi kalo enggak, mending kata2 komedi itu diabaikan aja.

Akhir kata, 3 bintang buat kisah Reiko, si tuan putri yang menjadi penyidik kepolisian.

3 Stars

Leave a Reply

