Belakang Layar

Gw jadi kepikiran… di tengah masa perang dulu… Orang2 sipil yang gak mencolok macam gw, ikutan perang gak ya?? Minimal berempati dengan menganut dan memperjuangkan salah satu paham yang menurut mereka benar. Atau mereka lebih sibuk mempertahankan hidup dan tenggelam dalam hidup masing-masing? Hmmm…

Bukannya kenapa2 c yah… Di tengah pergolakan berita sosial media yang memberitakan berbagai kondisi “perang”, gw tetep sibuk ama pikiran gw sendiri… Kerjaan di kantor, rekuesan tutorial, project kantor yang lum gw sentuh ampe sekarang, buku pinjaman yang belum kebaca, juga aplikasi buat nerusin kuliah yang sama sekali lum gw rencanain. Semuanya ada dalam daftar tunggu yang bikin gw gak sempat lagi terjun ke dalam kondisi “perang” itu. Huffff…. Kadang gw ngerasa sedikit bersalah gara2 gak berempati sedikitpun buat berita yang lagi viral di socmed. Buat berita pilpres, berita Hamas-Israel, berita Papua, pesawat MH17 de el el.

Gw c maunya berargumen kalo gw itu sebenernya masih punya empati. Gw cuma gak nunjukin rasa empati karena gw udah gak punya waktu lagi buat itu… Tapi sayangnya, itu gak valid, kan?! Faktanya… Gw masih nyempet2in namatin buku pinjaman (walo gak tamat2 jugak), liat2 isi twitter yang dipenuhi foto anggota boyband korea dan hal2 lain yang kayaknya gak banget. Bahkan, gw turut bersuka cita pas denger kabar gembira kalo kulit manggis udah ada ekstraknya. Arrrghhhh!! Gw emang….. hhhh… X(

Makanya gw kepikiran… Pas dulu jaman2 perang, ada gak c orang macam gw?? Orang2 yang tetap hidup di belakang layar tanpa rasa empati di dirinya. Orang2 yang tidak diceritakan oleh para pembuat sejarah karena bakal menambah emosi jiwa generasi berikutnya…

Apapun jawabannya, gw berharap kata “Ada” menjadi jawabannya. At least, gw bukan yang pertama, kan?! Dan gw jugak gak sendirian walo kejadiannya beda jaman… Hufff… hela napas dah gw buat kelakuan sendiri.

Leave a Reply

