[Review Buku] Mr. Klutz Is Nuts!

Diambil dari goodreads

Judul Buku: Mr. Klutz Is Nuts! (My Weird School #2)
Author: Dan Gutman
Jumlah Halaman: 109

Resume:
Apa yang kamu pikirkan ketika melihat kepala sekolahmu (principal maksutnya… bukan headmaster. Walo gw jugak gak tau bedanya apa) menggunakan skateboard ke sekolah dan melakukan atraksi ekstrim yang tidak biasa? Apapun yang bisa kamu pikirkan saat melihat situasi tersebut, pastilah kamu akan merasa hal tersebut sangat tidak wajar. Itulah yang A.J. rasakan, murid tingkat 2 berumur 8 tahun yang memiliki kepala sekolah dengan tingkahnya yang ekstrim. Cukup banyak hal-hal tidak wajar yang Mr. Klutz lakukan dengan alasan yang sama tidak wajarnya dengan hal-hal aneh itu. Mulai dari bergelantungan terbalik pada monkey bar di ruang kerjanya, membuat pesta coklat… sampai mendaki tiang bendera dan mengucapkan “Pledge of Allegiance” di puncak bendera. Aksi-aksi tidak biasa yang harus dibayar dengan perawatan intensif di rumah sakit.

Ada satu alasan yang diciptakan kepala sekolah untuk melakukan hal tersebut, yaitu sebagai “incentive” agar membuat siswanya termotivasi untuk belajar. Satu alasan yang muncul saat sang kepala sekolah berbicara dengan A.J. Segalanya berjalan lancar sampai Andrea, teman sekelas A.J. yang ia benci, merasakan keanehan untuk ini. Ia merasa perbuatan Mr. Klutz sudah di luar batas, sampai ia memaksa A.J. untuk bernegosiasi dengan kepala sekolah.

Bagaimanapun itu… Mr. Klutz is really nuts!

Opini gw:
Buku kedua dari seri My Weird School, mengambil tema yang mirip dengan buku seri 1 My Weird School (Miss Daisy is crazy). Tentang A.J. yang membenci sekolahnya dan kondisi-kondisi aneh yang A.J. rasa tidak sama seperti sekolah kebanyakan. Walo gitu… ada cukup banyak perbedaan antara buku satu dan buku dua. Bahkan membuat seolah2 buku ini bukan seperti buku berseri. Yaaa… walau tema yang diangkat mirip. Yap! buat gw, agak sulit emang ngasi opini buku kedua tanpa ngebandingin sama buku satunya.

Perbedaannya, di buku satu, A.J. ingin menjadi pemain football. Tapi di buku dua, dia mau jadi hockey player. Wajar c yah, ngubah cita2… tapi kesannya ini beneran berubah… bukan kayak punya cita2 cadangan… terus prioritasnya yang diubah. Agak aneh jadinya. Terus… di buku satu, Miss Daisy digambarkan membenci matematika… bahkan sama sekali tidak mengerti matematika. Sedangkan di buku keduanya, Miss Daisy layaknya seorang guru normal kebanyakan. Guru yang sangat berbeda dibanding yang dideskripsikan di buku 1.

Kesamaan dari buku ini dan buku sebelumnya, terdapat pada Mr. Klutz yang sama “gila”nya. Bahkan, sekarang Mr. Klutz digambarkan lebih “gila” dari sebelumnya. Dan juga… terdapat penjelasan2 untuk kata dan idiom yang gak biasa buat anak berumur 8 tahun yang masih polos. Contohnya, penggunaan kata “motivation”, “incentive” atau “the last straw”.

Terlepas dari perbedaan yang membingungkan serta kesamaan yang hampir membosankan, buku ini cukup menyenangkan untuk dibaca. Terutama pas bagian negosiasi dengan Mr. Klutz. Negosiasi yang lucu… 😀 Jadi… putusannya, 3 bintang buat negosiasi aneh dengan Mr. Klutz.

3 Stars

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s