Minimarket

Apa arti seratus rupiah buat kamu kalo belanja di sebuah minimarket??

Malam ini, buat gw, seratus rupiah itu c berarti banget. Iya… malam ini ajah. Malam lain paling gw c nganggap seratus yaaaa seharga seratus rupiah.

Jadi ceritanya gini… hari ini, berhubung kemaren abis ngambil uang di ATM, gw belanja ke ind*m*r*t terdekat. Berbekal selembar gambar pahlawan I Gusti Ngurah Rai, gw pergi ke kasir buat ngebayar belanjaan gw. Dan ternyata… belanjaan gw seharga 63.200!!! Gyaaaaa~~~ Gw kan cuma bawa duit 50.000… mana gak bawa dompet.. 😥

Dengan menahan malu, gw mintak ke mbak kasirnya buat ngurangin belanjaan gw dengan informasi tambahan kalo uang gw cuma 50 ribu rupiah. Dan herannya, gw masi ngerasa biasa ajah… Gak ada rasa malu sedikit pun. Entah itu karena emang lagi agak sepi atau karena emang gw yang udah biasa kejatuhan harga diri… gw jugak gak tau. Dan lanjut cerita…. Kata mbak kasirnya c gapapa belanjaan gw dikurangin, tapi yang dikurangin itu musti barang yang mudah kejual. Dih… ini c bukan masalah pilih2 yah, guyz… Ini masalah harga yang gak mampu gw bayar!! 😦

Dan gw pilih tisu 400 gram buat dikurangin dari daftar belanja gw. Dan tau gak??! Ternyata belanjaannya jadi 50.100!! Woowww.. Ada 100 rupiah yang harus gw bayar. Untung ajah mbak kasirnya bilang, “Gapapa Kak, 50 ribu ajah”… Uwaaahhh~~ Mbak2 kasir, saiah sangat minta maaf tidak membayar uang seratus rupiah itu! (~/\~)

Singkat cerita, sehabis minta maaf secara formal ke mbak kasirnya, gw keluar dengan rasa sangat berterima kasih… dan entah kenapa… rasa malunya malah baru muncul sekarang pas nulisin cerita ituh di mari. Gyaaaaa~~~ (X_X)

Jadi… pesan moral dari cerita ini adalah… Pastiin kamu bisa bayar barang yang kamu beli di sebuah minimarket! Perhatiin harga yang tercantum di sana. Gw emang salah banget gak perhatiin harga barang dan tinggal ambil ajah barang yang gw mau. Hhhh… Dan minimal, siap sedia kartu debit/kredit di dompet! Biar ntar kalo gak ada uang tunai, kamu gak keliatan miskin2 amat gara2 gak mampu bayar barang di meja kasir sampe mintak ngurangin belanjaan.

Huweee~~ dan gw ngerasa sangat berterima kasih ama yang bikin aplikasi point of sales tuh minimarket. Karena, setau gw, aplikasi point of sales jarang nanganin retur barang dalam bentuk tukar ataupun beneran dikembaliin pake duit. Dan kayaknya yang kejadian c emang gitu… coz mbak2nya bilang, ntar tisunya tetep kecatat sebagai pembelian. Kemungkinan besar itu mbak2nya yang jadi beli tisunya buat dia pakai sendiri. Gyaaaa~~ sekarang rasa malunya nyampur ama perasaan bersalah.

Begitulah kejadian hari ini… Moga ajah si Mbak kasirnya dibayar dengan kebaikan yang lebih. Gw sangat2 bersyukur dah. Owh… Lord, thanks for giving this condition for me. Gw gak kepikiran ajah kalo lagi gak sepi. Padahal biasanya jam tadi tuh jam2 rame pengunjung. Dan gw jugak gak kepikiran gimana kejadiannya kalo si Mbak kasir gak nerima permintaan gw buat ngurangin pembelian barang. Buat kejadian di minimarket itu…. Praise you, My Lord! 😀

Update 19 Juni 2014:
Tercantum “BARANG YANG SUDAH DI-SCAN TIDAK DAPAT DIBATALKAN” di komputer kasir… hakhakhakhak… Mereka belajar dari kejadian gw! Gyaaahahaha -ketawa miris-

Seriously, guyz… Kalo emang gak boleh batal, mustinya ada display harga yang ngarah ke konsumen. Lengkapin dunk aplikasinya pake pole display 😀 Dan pastiin nyala, yah… Biar bisa “turun di tengah jalan” kayak ‘orang perhitungan’ yang lagi naek taksi :p

Leave a Reply

