Istilah Umum di Fanfic dan Penjelasannya

Berhubung lagi pengen nulis sebanyak2nya… Jadi, setelah nulisin tentang genre buku, sekarang gw tulisin istilah umum di fanfiction (ff/fanfic) plus deskripsi singkatnya. Kamu bisa nemu tulisan ini di blog2 yang nampung cerita fanfic kayak di Fanfiction KPop Indonesia atau tempat2 lain.

O iya… fanfic sendiri merupakan sebuah karya berupa cerpen ataupun novel berchapter2 dengan karakter yang udah terkenal. Jadi ceritanya mereka punya fantasi sendiri tentang kehidupan idola mereka yang mereka tuangkan dalam sebuah tulisan. Itulah fanfic. Buat kamu para fans siapapun, boleh banget buat nulis ataupun sekedar baca ff ini. Gw sendiri masih sering kaget dengan imajinasi para fans itu terhadap idola mereka.

Terkait ff, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui. Istilah ini biasanya ada di bagian prakata untuk menegaskan apa yang bakal fans temui di dalam ff tersebut. Kayak genre buku ataupun komik… tapi deksripsinya lebih spesifik. Langsung ajah… dan berikut istilah2 yang sering kamu temui di sebuah ff.

Yang pertama… Rate! Rate/Rated/Rating ini merupakan penegasan kategori pembaca ff. Dikhawatirkan adanya keberadaan pembaca bawah umur, jadi ada penjelasan fanfic tersebut pantas dibaca mereka atau enggak. Rated ini sendiri macam2 dan gw gak tau asalnya dari mana. Ada Rated M, Rated T, Rated K, dll. Tergantung dari kesepakatan ajah. Diambil dari wiki, rating terbagi ke K (Kid–untuk segala tingkat usia), K+ (untuk anak2 yang lebih gede), T (Teen–remaja), M (Mature–dewasa), MA (Mature Adult–dewasa banget).

Untuk 2 tipe terakhir di bagian rating, kamu musti hati2 ngebacanya. Coz biasanya ada explicit sexual content. Adegan2 tersebut bener2 ditulisin dengan nyata! Jadi ati2 yah. Selain rate yang gw sebutin sebelumnya, ada juga Rate NC-17 (No Children–No watcher under 17), PG-13 (Parent Guidance is needed especially for watcher under 13) dan Rated R (Resticted–ini mirip sama Rated M).

Berikutnya, ada istilah AU (Alternate Universe) yang menyatakan fanfiction akan sangat berbeda dengan keberadaan tokoh aslinya. Untuk ff k-pop, ini c jarang yah. Biasanya fanfic dari sebuah komik… bisa jadi latar tempatnya beda. Contohnya, tokoh Naruto jadi anak SMA, bukan ninja.

Beta! Atau Beta Reader, merupakan editor untuk sebuah tulisan. Jadi kalo ada yang nulisin “I’m not using Beta” di fanfic-nya, artinya tulisan itu gak di-proofread sama editor. Editor itu bisa temennya atau bisa temen sesama penulis ff atau bisa siapapun. Terkait Beta, selain Beta Reader, ada juga istilah Beta Version. Ini maksutnya versi sementara. Bisa jadi nanti ada versi revisinya.

C & C (Comment & Critic) atau ada jugak yang nulis R & R (Read & Review). Gak usah gw jelasin, tau kan yah maksutnya apa. Intinya ada feedback atau umpan balik gitu. Jadi kalo ff-nya masi bersambung, ceritanya bisa tergantung yang diinginkan pembacanya jugak. Dan untuk feedback, ada jugak yang make istilah LoC (Letter of Comment). Kritik yang menghina, disebutnya sebagai Flame. Dan banyak jugak c yah Fanficcer (pembuat ff) yang emang nyebutin terang2an kalo dia gak terima flame ituh.

Crack. Ada Crack Pair yang menyatakan adanya ketidakmungkinan pairing karakter seperti di dunia nyata. Dan ada juga Crack Fic yang menyatakan alur cerita itu gak mungkin banget buat ada di dunia nyata.

Cookie dan One Shot! Merupakan 2 term untuk menyatakan bahwa itu tipe ff yang singkat. Terus ada jugak Ficlet buat nyatain fanfic yang bener bener pendek banget. Untuk fanfic yang pendek, ringan dan manis, biasanya fanfic itu disebut sebagai Fluff. Khusus fluff, kalo konteks kalimat yang dipakai gini: “full of fluff here”, artinya bisa jadi bukan bacaan ringan yang dimaksud. Tapi lebih ke arah kesalahan penulisan. Jadi semacam typo gitu. Dilihat dari jumlah kata, ada istilah Vignette buat fanfic yang <3000 kata. Selain itu ada kata Drabble untuk fanfic <200 kata, plus Half-Drabble untuk yang lebih pendek lagi. Itu tadi yang pendek2 yah… Sedangkan untuk yang panjang, istilahnya UberFic.

Sebagai sebuah tulisan, pastinya ada tema yang diangkat. Tema tersebut dituliskan dalam tag genre yang pastinya udah bisa dibayangin dari kata-katanya. Contohnya, Angst, Comedy, Romance, Fantasy, Supernatural, Mistery, Horror, Adventure, Tragedy, Family, Hurt/Comfort. Kebayang yah… Itu kan cuma bahasa Inggris yang bisa kamu cari artinya di kamus.

Terkait kondisi karakter (dan biasanya terkait cintanya c idola yang diceritain), ada beberapa istilah yang dipakai yaitu Hetero untuk menyatakan karakternya heteroseksual, Yaoi atau BL (Boy’s Love) untuk menyatakan adanya cinta sejenis antar cowok, Incest (gw gak bakal jelasin ini), MPreg (Male Pregnant) untuk menyatakan bahwa ada karakter cowok yang memiliki rahim. Jadi, hubungan sejenis pun bisa ada anaknya di sini. Ada jugak istilah GS yang merupakan kependekan dari Gender Switch. Jadi, karakternya beda jenis kelamin gitu dari dunia nyata. Kalo diliat2 semuanya terkait cowok c yah… Hmm, wajar c. Yang nulis ff rata2 kan cewek. Dan idola cewek ituu… cowok kan?? Hmm… mungkin gitu.

Terakhir, tapi bukan yang paling akhir… ada istilah buat menyatakan suatu explicit sexual content. Ada kata Smut (cari aja arti katanya di kamus), Lemon untuk nyatain adegan gitu2annya yang eksplisit banget, dan ada jugak Lime untuk versi minimal dari Lemon. Dan ada buah lain buat menyatakan hal yang lebih parah dari lemon/lime, yaitu… Grapefruit. Istilah itu buat nyatain kondisi pemerk*s##n.

Dan yang paling akhir, tag khusus. Kalo ini c gak ada tag standar kecuali untuk kalangan tertentu. Contohnya, ada istilah HaeHyuk atau Eunhae untuk nyatain adanya BL antara Donghae suju sama Eunhyuk suju. Kandungan nama di depan biasanya sifatnya dominan, terus yang di belakang jadi karakter submissive gitu. Biasanya lhoh yah. Contoh lain, ada jugak Yunjae untuk nyatain pasangan Yunho TVXQ sama Jaejoong JYJ; terus TaoKris untuk nyatain pasangan Tao EXO sama Kris EXO. Jadi… ini istilah khusus, tergantung siapa idola kamu.

Begitulaaah~~ Jadi kamu yang newbie sebagai yang baru terjun di dunia fanfic entah itu pembaca atau penulis udah gak bingung lagi kalo nemu istilah di atas pas baca fanfic. Itu belum semuanya emang. Yang populer ajah. Dan buat mundane, yang bener2 gak tau tentang fanfic… kamu bisa memulai dengan memilih idola kamu. Abis itu, kamu bisa gabung deh berimajinasi tentang mereka dalam pikiran kamu. Itu cukup menyenangkan lhoh.. Asal gak dimarahin ajah gara2 nilai sekolah/kuliahnya kamu turun karena baca fanfic mulu 😀

Advertisements

5 thoughts on “Istilah Umum di Fanfic dan Penjelasannya

  1. Tapi menurutku pairing2 kaya eunhae dsb gitu bisa jadi bromance aja, yaa sekedar temenan tp akrab gitu, bukan bl, hehe maklum bukan fujoshi wkwkwk piss v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s