Review Buku: Simple Thinking about Blood Type

Blood Type

Sorry, itu motoin cover-nya gak profesional banget. Keliatan banget hape-nya yang lagi motoin…

 Judul: Simple Thinking about Blood Type
Ilustrasi/Author: Park Dong Sun
Harga: 58.000
Cara Dapat: Teteh gw, gw rayu buat beli trus gw pinjem

Resume:
Buku yang berisi “web comic” dan kumpulan dari ilustrasi tentang sifat-sifat dominan yang “diwariskan” oleh golongan darah. Sekian!

Opini gw:
Buku ini, gak ubahnya ngeliat suatu web/blog yang membahas tentang kaitan antara golongan darah dan sifat seseorang. Pernah dipercaya, kalo sifat seseorang itu sifatnya “diturunkan”. Penurunan ini didapat dari golongan darah, karena dalam darah terkandung DNA dan hal-hal lain yang membentuk unsur kehidupan. Hal itulah yang dipercayai untuk mengklasifikasikan sifat yang dimiliki seseorang berdasarkan golongan darah. Kalo zodiac ajah bisa ngebagi golongan darah ke 12 karakter, kenapa darah enggak?! Yahh… gitu lhah.

Buku ini merupakan kumpulan ilustrasi tentang sifat seseorang dan kaitannya dengan golongan darah. Sebenernya, kalo mau liat contoh yang dicantumin di buku ini, kamu bisa googling image ajah pake keyword “sifat berdasarkan golongan darah”.  Dan nanti, kamu bakal dapatin banyak hal yang mirip sama yang dicantumin di buku ini. Beberapa ada yang beneran sama, tapi banyak juga yang belum tercantum di web. Ilustrasinya lucu-lucu dan uhmmm… bolehkah gw pake kata “menggemaskan”?! Kalo boleh, yaaaa.. kata itulah yang mencerminkan ilustrasi yang ada di buku ini.

Buku ini, yang jelas… gak punya runutan sama sekali. Kamu mau buka dari tengah, depan ataupun belakang… yang bakal kamu temukan bakal sama ama yang kamu rasain pas baca buku komik 4 panel. Per-halamannya menyajikan ilustrasi yang berbeda. Beberapa nyambung satu sama lain, tapi kebanyakan enggak.

Tapi… bukan cuma itu ajah yang tercantum di buku ini. Ada cerita tambahan (kalo gak salah di ¾ buku) tentang cerita si pembuat kumpulan ilustrasi web comic ini. Ceritanya kalo gak salah cerita seram dan cerita sehari2 si penulis sendiri. Gw gak terlalu ingat coz gw gak perhatiin bagian itu. Kayaknya seru, tapi… kalo nanya penilaian gw, yah… kamu tau gimana. Kan gw gak terlalu perhatiin, tadi gw bilang jugaaaa…

Buku ini lucu c yah… Bukannya kenapa2… Kecendrungannya, tiap orang cuma perhatiin ilustrasi sifat untuk golongan darahnya sendiri. Tapi, pas udah bosan… jadi pengen liat karakter golongan darah lain jugak, trus nyama2in sifatnya sama orang yang dia kenal. Lumayan c buat lucu2an. Iya, buat lucu2an ajah…. Coz, seperti yang udah dibilang ama penulis buku-nya, ada banyak factor yang mempengaruhi seseorang.

Soo, isi buku ini bisa jadi benar, bisa juga enggak. Dan bisa gw kasi saran jugak, mending kamu baca bukunya sama seseorang deh. Bisa ama “someone” bisa jugak literally “someone”. Jadi, emang seru2an bareng temen. Sensasinya bakal beda kalo baca sendirian. Bisa kamu bayangin, pas kamu lagi baca bukunya… terus kamu ngerasa “sesuatu” ama isinya, kamu bisa komentar “Eh eh, chuy… ini bener banget kan?? Kecengan kamu itu kan A, liat deh…  ini tuh dia banget! Iya kan??” Terus bisa jadi temen kamu bales “Iya c… dari mana kamu tau kecengan aku golongan darah A?”  Terus kamu bales lagi: “Iya, kan mantan dulunya“. Lanjut lagi, temen kamu bilang “Tapi… tapi… tapi kan kamu cowok… dan kecengan aku jugak co.. wok. Kamu.. kamu.. kamu udah ngelakuin apa ajah ke kecengan aku?? CERITA!” Dan pembicaraan yang bermula dari golongan darah itu, pasti seru banget jadinya! 😀

Dan seperti yang kamu tau, pembahasan tentang kepribadian (terutama buat seri “mengenal diri sendiri”), gak bakal ada habisnya.  Intinya c emang cuma buat lucu2an ajah. Sekali lagi, buat lucu2an! Jadi… Jangan sampe kamu jadi nge-judge diri sendiri cuma karena golongan darah yang kamu punya… termasuk ngasi excuse gara2 itu. Contohnya ajah, mentang2 kamu punya golongan darah B, kamu seenaknya ajah ngebatalin janji ke seseorang karena kamu… MALES… bahkan berharap temen2 kamu ngerti tentang hal itu.

Hhhh, yang namanya janji ya komitmen, Chuy! Dan itu gak ada hubungannya ama darah kamu sama sekali, kecuali kamu bikin janji pake darah dan udah ngasi tau temen kamu kalo kamu punya sifat ingkar janji yang sangat akut. Kalo itu c lain cerita yah.

Balik lagi ke bukunya, kertas yang dipakai di buku ini kertas luar biasa (deluxe gitu…) dan full color! Kalo kamu sukak komik, dan pengen komik yang full color dengan isi cerita yang benar2 lepas, buku ini pantas banget buat kamu punya.

Dan… dengan opini yang panjang tapi pake resume yang sangat singkat, gw kasi 3 bintang untuk buku yang cuma gw liat di halaman yang ada huruf “B”-nya.

3 Stars

Leave a Reply

