[Review Buku] Summer in Seoul by Ilana Tan

Profil buku bisa diliat di sini. Gw gak punya masalahnya… Inih mah nemu. Bukan hak milik. Bukan jugak hak milik sementara layaknya minjem. Jadi gw gak bisa cantumin apapun. Bentuk bukunya jugak gw gak tau.

Okeh. Langsung ajah…

Resume:
Diawali oleh seorang gadis bernama Sandy yang menerima tawaran dari seorang artis untuk menjadi pacar pura-puranya. Cukup banyak kenangan indah yang mereka buat dan yah… kamu tau cerita ini terlalu klise. Full House abis! Cuma, bedanya hubungan dari mereka berdua gak diawali dari sebuah kebencian. Yah… paling gak, gak disebutkan eksplisit.

Dari kronologis cerita, kayaknya si artis yang bernama Jung Tae Woo lah yang sukak pertama kali ke Sandy (sorry kalo ada pendapat lain–gw gak tahan masukin opini gw di bagian resume). Dan lama2, mereka menyadari isi hati masing-masing… dan.. yah begitulah.

Opini:
Cerita cinta ala FTV pagi tentang orang biasa dengan seseorang yang dianggap “luar biasa”. Kisah cinta yang semuanya… kayak udah diatur. Mulai dari orang “luar biasa” yang diisukan gay, sampai sang orang biasa dengan kenangan masa lalunya yang menyedihkan. Yah… semuanya udah diatur ama si pengarang. Gw c mengharapkan cerita yang mengalir. Tapi beberapa kondisi terlihat seperti dipaksakan. Menurut gw lhoh yaaaa.

Pertama! Gw gak sukak tentang konflik si orang “luar biasa” yang bernama Jung Tae Woo. Ketika dia dihantam isu gay, dia ngerasa gak rela gitu… Menurut gw, itu gak banget! Sebagai mantan pendukung Eunhae/HaeHyuk garis keras, gw gak ngerasa isu gay sesuatu yang harus dibesar2kan si artis sendiri. At least, mungkin penyelesaian konfliknya gak harus gitu.

Kedua! Gw gak sukak tentang beberapa kondisi si orang biasa yang punya nama Sandy, menyimpan rahasia tentang masa lalunya. Seolah2 muncul ajah gitu di tengah2 cerita. Yah, gw emang gak sukak jugak cerita yang seolah menawarkan sebuah misteri yang dipaksakan. Cerita ini c gak gitu. Tapi tetep ajah… gw ajah yang gak cocok kali yah.

Ketiga! Walo judulnya Summer in Seoul, gw gak ngerasa satu ke-khasan tentang Summer sama sekali. Terlebih Summer di kota Seoul. Memang ada beberapa nama tempat yang disebutkan sebagai signature dari kota Seoul, tapi… yaaah gw ngerasa kurang dan gak ngerasa adanya suasana musim panas-nya sama sekali. Padahal gw orang yang paling gampang bikin gambar di pikiran gw. Bukannya nyombong, tapi…. dengerin lagu “Manatsu no Sounds Good”-nya JKT48 ajah, gw bisa ngebayangin suasana musim panas yang dideskripsiin liriknya. Lo tau ajah liriknya lagu JKT48 kayak gimana. Weeiitss, fans JKT48, no offense yah. Gw jugak ngedukung JKT48, kok!

Balik ke buku… Keempat! Gw gak sukak ada konflik tiba2 di akhir cerita. Itu tuh udah mau tamaaaattt.. Pliiizzzz… masa mau bikinin konflik lagi. Gw udah wanti2 ajah buat akhir yang menyedihkan.

Kelima! Gw ngerasa aneh sama ibu dan anak yang punya surname bedaan. Awalnya gw nganggap itu sengaja. Coz banyak orang2 terkenal yang gak mau ngerubah namanya. Tapi… di cerita ini digambarin kalo keduanya memang ibu dan anak. Semua orang tau itu. Tapi, gak dijelasin kenapa nama keluarganya bisa beda satu sama lain. Atau gw kelewatan sesuatu? Entah… yang jelas… ini pendapat gw!

Tapi… dari semua hal2 yang gw sebutkan…. ternyata gw menikmati cerita yang ditawarkan ama buku ini. Mengalirnya cerita dari satu scene ke scene lain, karakter yang kuat… serta akhirnya yang bahagia, bikin gw ngebacanya enakeun. Walo gak sehari selesai. Ada gitu dua bulanan gw ngebaca buku ini doank. Gak sempat chuyyy…

Covernya?! Hmmm… buat covernya, secara khusus, gw gak sukak. Selesai!

Aspek pantas dimiliki?! Uhmmm… buat pengen punya atau enggak… gw c enggak. Cukup tau kalo gw pernah baca dan bikin resume-nya.

Akhirnyaaaaa….
Dari semua yang udah gw sebutin… gw ngasi 3 bintang buat Sandy yang bersedia jadi pacar pura-puranya Jung Tae Woo.

3 Stars

Leave a Reply

