Nihon no Matsuri at Telkom University Convention Hall

Konnichiwa minna…. 😀

Weekend ini gw gak pulang ke rumah ceritanya… coz ada temen gw yang lagi nikahan di Bandung. Daaaan… awalnya gw c bakal pergi buat ngehadirin. Tapi seperti yang kamu semua tau, kalo gw itu orangnya sangat gampang berubah pikiran, akhirnya… gw putar arah!

Gw gak ke nikahan temen gw, tapi malah ke acara Nihon no Matsuri yang diadain di Telkom University Conventional Hall. Kebetulan ajah kemarin liat posternya di twitter info bandung. Dan memang festival inilah yang jadi alasan kenapa sapaan buat postingan ini sok2an pake bahasa Jepang. Btw… ini jauh amat yak nyasarnya… buat yang belum tau, Telkom University itu adanya di Kabupaten Bandung, Dayeuh Kolot (daerah Bandung Selatan). Padahal nikahan temen gw di Dago Atas sana (daerah Bandung Utara). Hohohoho.

Buat kamu yang menilai betapa buruk kelakuan gw coz gak ngehadirin undangan temen gw sendiri… Yaaa, teruslah berfikir begitu. Gw punya alasan sendiri kenapa gw berubah pikiran. Intinya, gw pergi ke festival itu… SENDIRIAN! Yap… sendirian. Emang c, pergi ke festival macam gini baiknya rame2. Kalo gak, bisa mati gaya… dan walo kamu orangnya ignorant kayak gw, kamu bakal kecewa coz gak ada yang motoin kamu di sini.

Yuhuuuuu~~ di sini emang gak lebih dari sebuah pameran kebudayaan ajah. Ada berbagai stand di sini… stand-nya ada yang ngasi performance (semacam accoustic community yang nampilin aksi maen gitar bareng2 atau stand DNA yang nampilin demo ngegambar di laptop pake graphic tablet), ada yang jualan, ada jugak yang cuma pamer komunitas ajah… Artwork ada banget di festival ini.

ArtWork

Tapi yang paling penting dari semua stand yang ada, banyak orang lagi cosplay berlalu lalang yang pantes banget buat foto bareng mereka. Gw ajah yang males difoto, pengen banget foto-an bareng Tobi. Sayang ajah gak ada yang motoin, dan gw gak enak mintak tolong potoin ama orang2 sekitar sana.

CosPlay & Performance

Btw… dari yang gw liat2,  cosplay ternyata gak cuma make kostum lhoh. Tapi juga nampilin ekspresi yang lucu2. Khusus buat yang pake topeng semacam kostum Tobi, itu c gampang. Tinggal diem jugak jadi. Yang ribet itu kayak Conan, Kaitou, atau berbagai tokoh karakter shoujo yang menggemaskan gitu. Beneran yah… berbagai macam karakter ada… Mulai dari yang gw kenal, kayak karakter dari Manga Mentaitei Conan sampai karakter Tokusatsu semacam Bima adaan di sini. Yang gw gak kenal pun ada. Contohnya ajah karakter pink yang gw tampilin di atas.

Tapi yah… yang paling keren tuh pengunjungnya. Pengunjungnya tau banget kalo ini tuh festival Jepang. Yaaa, namanya jugak Nihon no Matsuri c yah. Orang2nya pada datang dengan atribut yang Jepang. Walo gak dikit jugak yang tampil casual macam gw… polo shirt plus jeans. Batik nikahan?! Gw simpen ajah 😀

Btw… ada 1 atribut ke-Jepang an yang bikin gw kaget banget. Jadi ada yah… cowok… dia… make baju dengan tulisan “YAOI INSIDE”!! Huweeeee!! –geleng2– Gw malah gak yakin dia tau apa itu yaoi, sampe berani make baju gituan. Kalo cewek c gak heran. Kalo cowok?? Huweeeww!

Balik ke stand-nya… Ada berbagai macam stand di sini. Ada yang mengenal kebudayaan Jepang, komunitas komik (nge-gambar manual, digital de el el), konsultan pendidikan ke Jepang (inih sepi banget slama gw 2 jam di sana. Sayang, gw udah mutusin kalo gak ke Korea, gw ke Belanda dan pilihan terakhir ke Aussy buat nerusin sekolah), komunitas game (kayaknya game tanah air–bukan game Jepang. Gw lupa namanya apa… kalo gak salah ada Mukti2 gitu sama kata “Palapa”. dan kayaknya maininnya online), komunitas info Jepang dengan markas di Bandung (ada video lucunya… orang2 nari Fortune Cookies gitu–dan gw langsung tau dunk itu tarian apa walo gak ada musiknya–saking gw seringnya liat JKT48 perform).

Page Gundam

Art Exhibition & Gundam Community

Dan ada satu yang paling aneh diantara semua komunitas yang ada… yaitu komunitas dari Telkom University sendiri. Mereka bikin yang namanya WTF48!!! WTF!!! Katanya c itu kepanjangan dari “We’re Telkom Family”. Tapi yahhh… kita biarkan ajah mereka berkreasi.

WTF48

Dan pastinya gak ketinggalan, ada stand pernak-pernik. Gw beli inih nih. Buat gw, Aa’ ama Teteh. Mayan… oleh2 kalo gw pulang pas libur weekend. Yah.. mudah2an ajah sukak.

KeyChain

Kipas

Walo akhirnya gantungan kunci semuanya berakhir di tangan Aa’… Hmmm, ya suwd.. Yang penting seru banget tadi! Walo sendirian ajah..

Makanan?! Hmmm,, lidah gw agak kurang cocok ama makanan Asia Timur. Jadi gw gak beli apapun di sana. Kalo kata sepupu gw c… itu karena kurang biasa ajah. Temen2 gw c agak heran ama ini…  gw kan sukaknya yang ke-Jepang2an gitu, tapi gw gak biasa banget ama makanannya.

Begitulaaaahh~~… Terus, tadinya gw pengen ikutan masuk Obake House (rumah hantu gitu). Tapi bayar 15 ribu dan musti ngantri. Huweeee… gw udah gak ada budget lagi buat gitu2an. Dan.. gw gak sukak cerita seram plus kondisi horor c emang. Jadi gak nyesel2 amat gak masuk… lagian antrian juga udah penuh c.

Huwooowww~~ menyenangkan. Walo gak sampe akhir ngehadirin festivalnya. Gw agak ngantuk, jadi musti segera balik sebelum ngantuk beneran.. tapi gw jadi terhibur lhah yaaa. Sensasinya beda. Walo tiap libur, biasanya gw kan pulang atau tetep di kosan buat istirahat plus ngehibur diri sendiri. Tapi, ternyata datang ke festival pameran kayak gini bisa jugak jadi bentuk “istirahat” yang bagus. Dan kayaknya, istirahat itu jadi lebih maksimal, coz datangnya sendirian. Capek dan awalnya mati gaya c yah… tapi lama2 menyenangkan. Ikut ajah berbaur dengan atmosfir di sekitar.

Sekali2 buat kamu yang miripan ama gw… ngehabisin waktunya sehari2 di kantor ato kosan, bisa banget ngehadirin festival pameran budaya kayak yang gw hadirin ini. Sendirian tapinya! Iya! Sendirian ajah. Tapi yaaa itu.. resikonya kamu gak punya foto kamu sendiri kalo gak punya keberanian buat mintak dipotoin.

Begitulaaahhh~~ yang jelas 1 kata: “Menyenangkan!”

Leave a Reply

