Merging

Jadi…. kalo emang mau ngegabungin hal2 yang besar, banyak hal yang harus diperhitungkan, emang!

Ini kejadian pas gw pernah belajar di mata kuliah APSI tentang penggabungan perusahaan dan impact-nya sama sistem informasi di perusahaan tersebut, plus cara menangani impact tersebut (yang pastinya masalah banget).

Terus… sekarang, di perusahaan gw yang juga lagi merging ama perusahaan lain, mulai meng-implementasikan hal tersebut. Dan… yah, bisa dibilang… ini hampir berhasil. Sayangnya, berhasilnya cuma di permukaan doank. Yap… teori di permukaan berhasil ditangani. Sayangnya, teori gak pernah nanganin hal remeh temeh yang biasanya diasumsikan udah ngikut ke proses yang lebih gede. Hhhhh…

Jadi, ceritanya gw lagi nanganin pengolahan suatu data yang berkaitan dengan ID pihak2 yang terkait ama perusahaan ini. Biasanya, data ini bisa gw olah pake lookup ajah. Tapi sayangnya…. data yang gw terima kemaren make ID lama yang belum ngikut kebijakan perusahaan yang baru….. Dan data yang gw punya sebaliknya. Hhhhh…. Sayangnya, ini gak bisa di-follow up buat minta data mentah yang lebih lengkap (coz datanya 2 tahun ke belakang yang pastinya lum sinkron ama data yang sekarang). Huweeee…

Dan akhirnya… berbekal semangat juang seorang senior, gw akhirnya nyamain datanya atu2 (based on field data yang tersisa–dan rasa percaya diri ajah kalo itu data yang bisa disama2in).

Huffff… beruntungnya, itu kerjaan dengan insentif tambahan… 😀 Jadi, walo secara real ngegabungin itu rumit… tapi dengan adanya insentif tambahan hal2 tersebut jadi menyenangkan… Hohohohoho….

Btw, sebenernya data yang gw olah itu gak bakal perlu effort lebih banyak kalo ajah pihak2 di atas itu udah memperhitungkan semua yang diperlukan dalam masa penggabungan perusahaan. Tapi kayaknya, mereka sengaja deh ngebikin gini. Jadi, effort di atas gak terlalu banyak, tinggal para eksekutor (yang bahkan gak ada di struktur organisasi perusahaan) yang harus bekerja lebih banyak (walo dengan tambahan dana).

Yah… begitulah, jadi intinya… ngegabungin itu sulit yah. Kalo perusahaan aja segitunya… kebayang perjuangan orang2 yang udah nikah (eh… kok gw….. (?!)) yah… gitu deh :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s