Menggunakan Pinguin Season 2

Okeh, ini salah satu curcolan gw setelah beberapa bulan pake sistem-operasi-berlogo-pinguin-duduk. Dan karena ini season 2, pastinya berupa keluhan!

Sebenernya, gw gak ngalamin kesulitan buat ngegunain si sistem operasi para hipster ini (kan yang mainstream jendela…. iya kan?! atau apel? entahlah, tapi setau gw, pengguna pinguin tetep gak banyak). Kerjaan gw beres pake si pinguin, laporan siap diserahin (gw biasanya pake pdf, coz kalo docx-nya lumayan ancur) dan buat beberapa hal yang pernah gw dapat di jendela tapi gak di pinguin, tersedia beberapa alternatif yang bebas gw gunain tanpa nge-crack de el el de es be.

Tapi, selama gw gak ngerasain kesulitan, selama itu pula gw ngerasain gundah gulana pas make si pinguin (huweee… gundah gulana… bahasa gw!! gak banget!). Pertama, gw pake hw nvidia buat VGA-nya, dan even ini tuh nge-detect pas gw presentasi (gw gak musti pake laptop gw c buat presentasi, tapi kemaren tuh ada kejadian terpaksa gitu), tapi tampilannya gak maksimal (gw gak ngerti ngatur resolusi-nya). Dan kadang2, isu yang terlalu umum kejadian di gw! Laptop gw kadang jadi sering mintak dimatiin langsung dari sumber, coz fungsi “Shutdown”-nya sukak berenti di tengah2. HD udah gak kebaca, tapi power tetep nyala 😦 Gw udah coba cari solusinya, yaitu dengan nginstall kernel 3-12. Tapi cinnamon gw jadi crash (ketauan kalo gw pake LM :p) jadi terpaksa gw uninstall lagi.

Terus, pas gw nyoba hubungin ke bluetooth headset pinjeman dengan maksud gaya2an, ternyata mereka gak bisa nyambung. Gw udah coba ke driver lain (hape de el el, de es be), ini tuh gak masalah. Coz yang digunain cuma fitur kirim2 file ajah. Tapi buat pairing ke headset, ternyata segala macam usaha yang kepikiran ama gw, harus berakhir dengan kata “gagal”! Hhhhh….

Dan kesulitan ketiga, pas dikasi “third-party” dari client sebagai tugas ilegal dan gak boleh dikerjain di kantor…. Gw musti pake laptop pribadi gw buat ngapa2in. Dan ini bakal jadi masalah kalo ada dokumen2 dengan format complex dipindahin ke komputer gw. Formatnya jadi ancur dan gw jadi kerja 2x! Sebenernya sang client mintanya kebutuhan content ajah. Trus buat formatnya bisa dibenerin di laptop dia. Tapi tetep ajah… kerja 2x!

Begitulaaaahhhh~~~

Sebenernya kesulitan2 gw gak lebih karena keisengan dan ketidaktahuan gw c. Kalo gw gak macam2 dan cukup knowledgeable buat ngadepin gitu2an, gw gak bakal berakhir gak bahagia kayak gini. Sooo… install jendela lagi?! Hmmm, entah. Sejauh ini gw masi pengen bertahan.

Leave a Reply

