Daring…

Dan… intinya di postingan ini gw ngasi tau kalo gw baru tau sebuah kata baku bahasa Indonesia yang merupakan arti dari kata online… dan kata itu adalah…. “Daring”!

Gw gak tau ini udah baku atau belum, tapi kalo udah disampaiin di suatu seminar oleh pembicara mumpuni yang udah menjadi suatu asosiasi para intelek, artinya itu udah baku kan yah??! (Btw, gw musti bilang gak c kalo seminar itu pembicaranya dari APTIKOM buat ngeyakinin kamu?)

Pembicaranya c gak bilang apa maksud kata daring, tapi dari yang gw tangkep, dia seolah pengen ngungkapin daring itu singkatan dari “dalam jaringan” atau kalo di-Inggris-in jadi kata “On-line” atau “online”! Dan orang yang duduk di depan gw bilang kalo asumsi gw benar… Well, gw udah ngecek kbbi…. dan ternyata, daring lum tercatat tuh.

Update: Akhir2 ini ngebuka situsnya kbbi online (gw gak tau ini resmi atau enggak), dan ternyata ada info tambahan di bagian atas sama bawahnya yang mengungkapkan kata “Daring” tersebut. Walo pas nyari kata2nya… yaaa….. gw tetep gak nemu kata ituh. Kayaknya c daring itu emang bukan kata baku, yah. Tapi lebih ke akronim. Makanya gak dicantumin. Entah belum atau emang gak bakalan. Coz kata “posyandu” pun gw cari gak nemu tuh. Well, Ok… clear yah… daring udah bisa digunain buat kata pengganti “online”.

But well, beruntung gw gak kerja di sebuah perusahaan dengan sistem komunikasi yang musti baku Indonesia (yap, we can use English), soo… yah, maybe I will never use that word in my daily activity. Hmmm, selama gak ada yang ngerti, ya sudah…. gw buang dah tuh kata. Dan lagipula, online di kantor gw jugak berarti lagi gak bisa diganggu (lagi nerima telpon gitu), so… hmmm…

Btw, gw jugak baru tau “flip off” artinya “f*#k off”. Trus “Aunt Irma”, “Aunt Flo” atau “Fallen to the Communists” artinya sedang siklus bulanan… Weeewww, ini tuh bahasa mana sik?! Bahasa emang membingungkan yak. Atau gw ajah yang sebenernya lagi dibego2in ama temen gw??

Leave a Reply

