[Jurnal Pribadi] Menggunakan Pinguin

Langsung ajah… Intinya, entah apa yang gw lakuin, HD gw gak kebaca sama sekali. Bener2 gak masuk ke loader-nya. Yang nyebabin gw jadi nangis berurai air mata… Koleksi pilem korea gwwwwwww!! NOOOOOOOO!!! (T_T)/ Data kerjaan?! Hhh, lupakanlah… toh gw baru 3 minggu masuk kan. Bisa di-download lagi. Tinggal cari2 tau plus inget2 ajah kemaren udah ngapain aja.

Singkat kata, berhubung di kosan cuma ada dvd  OS yang majang2 pinguin lagi duduk hasil pemberian dari **** (iyaaa.. namanya emang bintang2!), akhirnya gw masukin lah itu live dvd dengan harapan masih bisa dibaca HD. Dan ternyata sodara2…. secara fisik, HD-nya kebaca. Tapi secara lojik, gw ngeliat gak ada partisi sama sekali. Huhuhuhu… Pilem korea gwwwww~~ koleksi super sentai gw~~~ hukz hukzzzz.. 😦

Dan… dengan secercah ingatan tentang praktikum sistem operasi jaman baheula, gw akhirnya ngelengkapi program yang gw pengen ajah:

  1. Netbeans (buat refresh ingatan)
  2. Flareget (buat ngegantiin IDM)
  3. Wine (buat install aplikasi windows–katanya c, tapi gw lum pernah pake)
  4. Comix (Buat ngegantiin CDisplay)
  5. Blender (software langganan buat kerja freelance–kalo sempet)
  6. LAMPP (paket s/w buat kerjaan proyek yang masi gantung)
  7. Shutter (buat gantiin snipping tool)
  8. Alien… buat ngubah package rpm ke debian (beberapa program gak ada versi deb-nya. Dan gw males kalo nginstall dari source :p). Btw cara ngubahnya bisa diliat di sini.
  9. Cheese buat ngegantiin Lifeframe (make webcam gitu)
  10. SANE atau XSANE buat nge-scan (gw pakenya printer plus scanner.. dan ini juga bisa buat install printer ternyata)

Beruntungnya, linux yang gw pake itu distro hasil remasteran yang udah lengkap sama tools buat entertainment semacam muter musik, video dll. Jadi gw agak gak banyak kerja juga.

Berikut beberapa hal yang gw lum dapat di OS sekarang.

  1. Oracle (belum download aja sebenernya. Lagian ini cuma buat jaga2 ajah kalo ada yang mintak)
  2. DomDomSoft (buat download komik–ini c penting banget. gw gak bisa donlot komik lagi sekarang 😦 dan gw sampe sekarang lum nemu alternatifnya. Ada c, hakuneko.. tapi gw masilum tau cara install-nya)
  3. Calibre (ini juga lum download ajah c)
  4. Matlab (gw baru tau gak ada yang namanya Matlab gratis. Bahkan buat yang versi student (masi ngerasa mahasiswa chuyyy…) Akhirnya gw pake scilab.. yang menurut gw sangat memuaskan 😀 tapi seandainya gw diminta pake Matlab–karena si bapak ketua pakenya itu, yah.. apa bole buat 😦 moga2 si bapak mau nginstalin buat gw)

Yah… begitulah. Intinya, jangan sekali2 kepikiran buat make dual OS (kayaknya, ini gara2 gw make dobel boot, terus gw oprek2 gak jelas yang nyebabin data gw ilang se-harddisk).

Tapi ya tapi yaaahhh… ternyata pake si pinguin nyaman jugak c. Cuma masalah pengetahuan ajah ternyata. Selama ini gw udah terlalu nyaman di jendela, makanya malas pindah ke mana2. Semuanya emang indah kalo udah nerima ajah. Terutama pas emang lagi gak punya pilihan lain dan emang sifat aslinya gak mau ribet 2x.. (keduluan nginstall si pinguin, jadi males liat dari jendela lagi. Gak sukak mendua :p)

Btw yang gw amazed, gw tetep bisa make modem wireless gw. Dulu pas gw pake si pinguin, gw musti ikutin tutorial yang gw gak tau apa. Ujung2nya gagal c. Dan sekarang, bener2 plug-and-play. Eh, tapi ada jugak c yang gak kebaca… tapi emang itu HD eksternal gw yang masalah c kayaknya.

Leave a Reply

