[Review Buku] Poirot’s Early Cases

kasus perdana poirot

Judul: Poirot’s Early Cases (Kasus Perdana Poirot)
Author: Agatha Christie
Halaman: 2xx halaman

Resume:
Kasus perdana poirot terdiri dari 18 kasus yang ditangani oleh Poirot dengan penyelesaian 17 kasus dilakukan ala Poirot, dan 1 kasus ala Poirot muda. Poirot menyelesaikan kasusnya dengan berdiam diri dan memikirkan setiap kemungkinan dengan sel-sel kelabu yang ia miliki. Tidak seperti detektif2 muda yang ia narasikan sebagai pribadi yang aktif dan yaaa.. aktif. Di buku ini, hampir keseluruhan kasus dinarasikan oleh Hasting, sahabat Poirot, dan (kalo gak salah) 1 kasus mengambil sudut pandang Poirot sendiri.

Review pribadi:
Satu lagi tulisan tentang review buku untuk meramaikan blog ini… Sebenernya ini buku yang udah gw tamatin sebelum buku insiden anjing. Dan mungkin karena abis baca buku ini, buku insiden anjing itu jadi gak terlalu seru lagi dari segi misterinya.

Bisa dibilang… ini salah buku “santai” tentang Poirot dan kasus-kasusnya. Paling gak dari beberapa buku kasus Poirot yang gw baca (gw belum baca banyak c.. cuma 2-3 biji), ini yang paling dikit petunjuk plus kebanyakan red herrings-nya. Tapi dengan petunjuk yang sangat sedikit itu, Poirot tetap bisa men-skenariokan penyelesaian kasusnya dengan elegan. Well, acungan jempol buat Poirot. Walo…. gw c sebenernya lebih suka ama Miss Marple. Even cara mereka nyelesaiin kasus sama2 berdasarkan psikologi, tapi gw tetep lebih suka Miss Marple. Elegan ajah gitu… ngebayangin nenek2 tua duduk sambil mikirin kasus pembunuhan, dan dengan seketika bisa nyelesaiin kasus itu. Belum lagi alasan yang selalu dibilang Miss Marple, kalo orang2 gak bakal nyangka apa yang dia bisa observasi dari orang2 yang hidup di pedesaan kayak dia.

Balik lagi ke bukunya… sebenernya ngebikin review pribadi di buku ini jadi bikin penilaian agak bias. Karena gw tipe orang yang cendrung pengen namatin buku sekali duduk. Yap! Gw lebih suka tipe cerpen dibanding novel, coz gw masih belum bisa nge-handle rasa penasaran gw yang terlalu besar buat sesuatu. Dan buku ini jadi pas banget buat gw. Ada 18 kasus pendek2 yang diselesaikan dengan seketika oleh Poirot. Dengan deskripsi2 khas Inggris. Yah… seperti biasa, mereka langsung bisa nge-judge seseorang dari bentuk muka dan terang2an mendeskripsikan penilaian pribadi mereka ke orang lain. Bukan budaya timur banget. Uhhmm,, gw gak tau kondisi sekarang… tapi dari beberapa buku lama kayak “Dr. Jekyll & Mr. Hyde”, petualangan 5 sekawan dan Harry Potter, gw nangkap kesan kayak gitu.

Singkat cerita… Keren lhah… rekomen buat dibaca di waktu lepas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s