Koneksi Oracle-Netbeans

Berhubung kemaren pengen memperluas zona nyaman dalam hal pemakaian dbms, akhirnya gw nyoba pake oracle yang express (XE). Bukan buat project-an c… cuma buat belajar ajah.

Terus, hal pertama yang gw bingung adalah… Gimana cara koneksiin oracle ke netbeans. Netbeans lhoh yaaa… bukan java. Coz gw tipe orang yang tool oriented! Iya! Tool itu ganti, gw bakal burem mau gimana… Gw gak disukai ama para dosen jaman dulu dah… Gw mau yang gampang pokoknya! Kalo pake netbeans, pas konekin si oracle pake java, gw bisa liat nama driver ama url database-nya. Jadi tinggal copy, gw tinggal pake dah…

Oke, balik ke inti cerita postingan ini… Gw bingung caranya koneksiin oracle ke netbeans, coz driver-nya gak kecantum, Boz! Kalo MySQL kan ada tuh driver defaultnya, kalo Oracle entah gw yang gak perhatian atau gimana, gw akhirnya download lagi di situs oracle-nya. Gw pake XE 11.2, jadi gw pilih yang ini.

Taunya darimana versi oracle yang dipake?! Kalo pake XE, jalanin ajah database-nya (“Start Database”), terus pilih “Get Started”.

0. Oracle Menu

Tunggu browser kamu nge-load sebuah halaman, terus liat deh disana… kepampang versi oracle yang digunain. Itu kalo cara awam-nya. Kalo mau yang canggih, ketikin gini di sql command/sqlplus:

select * from v$version
where banner like 'Oracle%';

Sekarang intinya… konekin oracle ke netbeans, lihat di bagian service,

1. Bagian Service

Di bagian “Database”, klik kanan, terus pilih “New Connection”. Di bagian Driver, pilih “New Driver”. Ntar bakal muncul 1 window pop-up lagi:

2. New Driver

Di sini… tekan “Add”, pilih driver oracle yang udah di-download sebelumnya tadi (bentuknya .jar). Driver File, Driver Class sama Name otomatis langsung keisi. Namanya diinget2… ngaruh ke langkah sehabis tekan OK. Tekan OK, dan nantinya balik lagi ke window “New Database Connection”. Di sini pilih Driver Name “Oracle Thin (with Service Name)”.

3. New Database Connection

Kalo kamu beruntung, field-nya bakal langsung keisi. Tapi…. sayangnya gw gak seberuntung itu. Kalo kamu samaan ama gw, isi informasi pake informasi yang ada di “tnsnames.ora”. File ini adanya di direktori tempat kamu nginstall oracle. Di-search ajah. Tapi, kalo ngikut gw, gw nginstall oracle di drive D:, dan file ini ada di “D:\oracleexe\app\oracle\product\11.2.0\server\network\ADMIN\tnsnames.ora”.

File itu isinya kira2 gini:

XE =
  (DESCRIPTION =
    (ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = Asus-PC)(PORT = 1521))
    (CONNECT_DATA =
      (SERVER = DEDICATED)
      (SERVICE_NAME = XE)
    )
  )

EXTPROC_CONNECTION_DATA =
  (DESCRIPTION =
    (ADDRESS_LIST =
      (ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = EXTPROC1))
    )
    (CONNECT_DATA =
      (SID = PLSExtProc)
      (PRESENTATION = RO)
    )
  )

ORACLR_CONNECTION_DATA = 
  (DESCRIPTION = 
    (ADDRESS_LIST = 
      (ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = EXTPROC1)) 
    ) 
    (CONNECT_DATA = 
      (SID = CLRExtProc) 
      (PRESENTATION = RO) 
    ) 
  )

Yang hurufnya berwarna, masukin ke informasi yang dibutuhkan di netbeans. Ujung2nya, jadinya gini:

4. New DB with Info

Username sama passwordnya sesuaiin ama oracle punya kamu yakkk…

Kalo udah tekan OK, ntar bakal muncul 1 node tambahan di bagian database. Kalo di gw, namanya “Oracle XE”. Dan silakan meng-explore lebih lanjut di sini…

Hmmm,, kalo mau tau nama driver juga url database-nya, pas di bagian node database yang nambah tadi (gw namanya Oracle XE), klik kanan, pilih properties. Nantinya bakal keluar gini:

5. Info DB

Dan info itu…. tinggal disalin ajah ke editor buat referensi konek jdbc.

Sumber: Om-nya arby
Valid: Yap!
Kadaluarsa: Tidak Diketahui

Leave a Reply

