Menu Klik Kanan pada Content Pane

Sekarang… gw pengen nulisin gimana caranya ngasi menu klik kanan di JPanel. Yap… content pane yang kita gunain itu… JPanel! Dan seperti biasanya, gw pake cara yang gampang, jadi gw pake matisse builder di mari… Kalo pengen yang sulit, kamu bisa lihat caranya di sini.

Untuk bikin klik kanan, kita pake komponen popup menu. Popup menu sendiri gak harus pake klik kanan buat ngaktifinnya, tapi intinya harus pake aksi spesifik. Katanya c gitu.. tapi gw gak tau jugak c, lum pernah nyoba selain klik kanan.

Okeh, intinya aplikasi kita bakal ngehasilin tampilan kayak gini:

1. Hasil Akhir

Caranyaaa… pertama, bikin project baru, sama package baru di Netbeans. Di package yang diinginkan, klik kanan, trus pilih “JFrame Form”.

2. JFrame Baru

Kalo gak ada pilihan “JFrame Form”, klik kanan di package yang diinginkan, pilih “Other”. Bakal muncul window baru. Di window tersebut, buat di sebelah kiri pilih “Swing GUI Forms”, sebelah kanan pilih “JFrame Form”.

3. JFrame Baru 2

Kasi nama JFrame tersebut, terserah ajah c namanya… Kalo gw, gw kasi PopupDemo.

4. JFrame Nama

Seperti biasa, muncul frame kosong sebagai kanvas yang bisa diisi dengan komponen swing. Di JFrame yang kosong itu, gw masukin JPanel ke JFrame, terus si JPanel itu dilebarin buat nutupin JFrame. Kalo udah gini, drag-and-drop komponen popup menu dari palette ke panel/frame. Kalo kamu gak ngerasa ada perubahan apapun, itu wajar… Sebenernya ituh c ada perubahan, coba ajah kamu perhatiin di bagian navigator/inspector, musti jadi kayak gini:

5. Navigator-Inspector

Bakal ada popupmenu nambah. Kalo gak nambah, mungkin ada yang salah dari yang kamu lakuin. Coba deh ulangin lagi langkah2 sebelumnya.

Kalo udah gitu, di bagian jPopupMenu1 itu, klik kanan, pilih “Add From Palette” –> “Menu Item”. Lakukan hal ini sampe 3 kali, jadi kira2 di navigator kebentuknya gini:

6. Item Menu

Kalo udah kayak di atas, artinya kita udah punya popup menu atau menu klik kanan. Tinggal hubungin ajah menu klik kanan ini ke content pane atau container pane yang dimauin. Kalo gw, karena pengennya ada di jpanel, jadi sekarang pilih jpanel di bagian design, terus lihat bagian “properties”. Di sana ada yang namanya “componentPopUpMenu”, bagian inilah tempat buat ngehubungin content pane (JPanel) dengan popup menu yang udah kita bikin:

7. Component Pop Up Menu

Di bagian “componentPopupMenu” pilih popup menu yang udah kamu bikin. Kalo gw, berhubung kemaren yang ada “jPopupMenu1”, jadinya gw pilih itu. Kalo udah gitu, coba jalanin deh. Di bagian yang di-cover ama JPanel, pasti bisa di-klik kanan terus muncul menu klik kanan gitu. Kayak gini nih:

8. Hasil 1

Tapi kamu ngerasa gak puas, masa menu-nya jMenuItem1 de el el de es be. Kamu maunya teks-nya itu bisa diubah. Dan memang untuk itulah gw ada di sini buat kamu semua :p buat ngasi tau kamu caranya. Jadi,, caranya di bagian navigator/inspector, pilih menu item yang mau kamu ubah teks-nya. Terus kamu pergi ke bagian properties, di bagian “text”, kamu ubah deh apapun yang ada di sana jadi hal yang kamu mau…

9. Pilih Menu Item 10. Properties Menu Item

Ntar jadi berubah kayak gini:

11. Hasil 2

Tuh kaaannn… berubah…  Tinggal kamu lakuin hal yang sama buat 2 menu item lainnya. Dan.. buat latian, coba deh kamu bikin gini:

12. Coba Sendiri

Caranya samaan ama ngasi menu klik kanan di panel. Cuma, sekarang bedanya menu klik kanannya ada di tombol, bukan panel…

O iya, kalo kamu penasaran ama nambahin event di setiap menu item yang muncul di menu klik kanan, caranya… liat di bagian navigator (netbeans 7.0 ke atas) atau inspector (netbeans 6.9 ke bawah), di sana kan ada jmenuitem tuh… klik aja 2x di masing2 menu item. Ntar otomatis event-nya nambah. Kalo default-nya, yang nambah itu event dari “actionPerformed” yang didapat dari interface ActionListener.

Okeh.. segitu ajah, kalo ada kesulitan atau pertanyaan, langsung komen ajah di postingan ini 😀

Sumber: Pribadi
Valid: Iya banget!!
Kadaluarsa: Sampe oracle ama netbeans-nya gak support lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s