Membuat JTabel Bisa Dipilih Tapi Tidak Bisa Di-edit

Kemaren gw sempet bantuin Om gw buat bikin soal yang bisa ditaroh di modul praktikum java, dan berhubung gw lagi baik… akhirnya gw bikinin beberapa kasus untuk contoh soal. Tanpa jawaban dunk pastinya….. Bukannya kenapa2 c, katanya dia lagi kurang ide ajah, makanya minta bantuan gw. Tapi jawabannya dia bikin sendiri. Biar valid gitu, jadi kebukti kalo soal dari gw bisa dikerjain.

Lumayan… paling gak ada kerjaan sambil nunggu panggilan kerja. Uhhmmm… btw panggilan kerja, ternyata proses panggil2 kerja tuh lama yah. Bahkan bisa sampe ada yang gak dipanggil 😦 tapi gpp, yang jelas rabu minggu depan, gw dapat panggilan tes. Moga2 dah buat yang atu ini. Bonyok dah kebat-kebit anaknya lum kerja2 jugak (yang tetap plus secured gitu–bukan part time kayak sekarang)…. yang menurut gw lebay… Bahkan gw blum dapat ijazah, lum wisuda jugak.

Balik lagi ke permasalahan awal, ternyata ada satu hal yang gak bisa dilakuin sama si Om. Yaitu, ngebuat jtable, terus jtable-nya bisa dipilih tapi gak bisa di-edit. Kata si Om, usahanya dia harus berenti sampe ngebikin table-nya gak bisa di-edit…. dan sekaligus bikin si jtable gak bisa di-pilih. Yang pastinya gak sesuai ama requirement soal gw.

Dan akhirnya, si Om nanyain ke gw buat ini. Yang ngebikin gw jadi terbang melayaaanngg~~ Gw ternyata lebih keren dari Om gw yang notabene seorang dosen. Hohohoho… Ah, tapi gak juga c… justru yah, dari pengamatan gw, dosen itu malah biasanya gak teknis, tapi ngelihat big picture dari sebuah sistem. Dan mungkin memang itulah yang membuat mereka menjadi seorang dosen. Kalo analoginya, di sebuah perusahaan, pernah gak kamu liat ada presdir yang turun tangan buat ngelakuin hal teknis setiap harinya?! Sekali2 c mungkin, buat pencitraan dan menunjukkan kontribusi secara front-end. Tapi gak tiap saat juga kan?!

Akkkk… kenapa gw jadi OOT mulu. Intinya, gimana cara bikin jtable gak bisa di-edit tapi bisa dipilih, kita ubah dari model jtable-nya aja kan yah??!

Kalo gw, maininnya di deklarasi si model untuk jtable-nya jadi kayak gini:

    private final DefaultTableModel model= new DefaultTableModel(){
            @Override
            public boolean isCellEditable(int row, int column) {
                return false;
            }
    };

Begitulaaahhh~~ gampang kan?! Haaa?? Mau yang lengkap?! Ntar deh yaaa.. gw post di bawah naungan blog balita. Ditunggu ya kakaaaaaa’….. 😀

Ada cara lain memang, tapiiii… kasi tau gak eaaaaa… hihihihi :p

Update 23 Nov 2013: Blog balita terkait tulisan ini bisa dilihat di sini.

Advertisements

One thought on “Membuat JTabel Bisa Dipilih Tapi Tidak Bisa Di-edit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s