Reading Challenge 2014

Beberapa hari terakhir (sejak ikut november giveaway), di waktu2 gw yang sangat sibuk (sok sibuk maksutnya :p), gw sempet gak sengaja liat2 update-an terbaru dari para blogger buku yang dengan secara sadar (kalo gak mau dibilang terpaksa) gw subscribe gara2 pengen ikutan giveaway-nya mereka :p.

Ternyata kegiatan para blogger buku tuh banyak banget yah. Salah satunya adalah RC yang gw baru tau dari blog-nya mbak @windascorfi. Di postingannya, beliau bilang kalo mau ikut reading challenge (RC) 2014.

Apa itu reading challenge?! Entah… sebagai orang awam di dunia perbukuan (sumpah… seumur2, gw taunya cuma buku alpro dan berbagai macam buku mata kuliah wajib gw… yaaa, kalo komik bisa disebut buku, mungkin itu satu2nya kategori yang gw koleksi–itupun cuma Conan, Kobo-chan ama Miiko). Tapi setelah baca2 postingannya, kayaknya itu semacam tantangan (atau bisa dibilang juga tujuan) buat ngebaca buku. Daripada ngebaca buku tanpa arah dan tujuan, mending ada 1 target. Kamu tau kan rasa nikmat dari sebuah pencapaian?! Mungkin itulah yang ingin dirasakan oleh para penikmat buku. Selain ada hadiah juga buat para challenger yang ikut aturan main di blog-nya mbak astrid.

Terus gw ngapain nulis beginian?! Pengen ngikut jugak?! Owhh… enggak… Gw c gak pernah ada niat buat ikutan reading challenge secara formal. Tapi gw pengen ikut secara non-formal. Jadi postingan ini cuma buat ingetin gw, buku apa ajah yang musti gw baca selama setaun ke depan. Seandainya gw ilang arah. Hihihihi :p

Jadi…. Dari beberapa kategori yang dijadiin tantangan, berikut beberapa daftar bacaan gw nantinya:

  1. Visit The Country: Read a book that has setting in a country that you really want to visit in real life. Make sure the setting has a big role in the book and it can make you know a little bit more about your dream destination. Gw pilih… Memoirs of geisha. Gw gak tau ini setting-nya tepat atau gak, tapi kata goodreads, ini buku tentang jepang. Jadi yasuuwd… Bungkus!!
  2. Cover Lust: Pick a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover? Belum tau mau buku apaan.
  3. Blame it on Bloggers: Read a book because you’ve read the sparkling reviews from other bloggers. Don’t forget to mention the blogger’s names too! Ghostwriter-nya Robert Harris. Gw baca dari blog kang Tesar, tapi sampe sekarang belum kesampaian juga pengen ngebaca tuh buku.
  4. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents. Midnight Children! Gw pernah beli buku ini tanpa tau content-nya sama sekali. Yang jelas diskon 50%. Kata temen2 gw, pengarangnya itu dihujat ama para pemuka agama muslim gara2 bukunya yang judulnya “the satanic verses”. But we’ll see. Gw belum buka buku ini sama sekali. Kita liat ajah… sempet gw baca atau enggak nih buku taun depan.
  5. (Not So) Fresh From the Oven… Do you remember you bought/got a new released book last year but never had a chance to read it? Dig it from your pile and bring back the 2013. Hmm, entah.. satu2nya buku new release yang gw beli cuma harry potter. Dan buku itu dah gw baca (even cuma skimming.. gw gak nyanggup berlama2 ama buku tebel)
  6. First Letter’s Rule: Read a book which title begins with the same letter as your name (for me, Astrid means A, and I can read anything that started with the letter A). Remember: Articles like “a”, “an” or “the” doesn’t count 🙂 Gw gak tau buku apa, tapi gw tau gw harus cari buku berawalan huruf “R”.
  7. Once Upon a Time: Choose a book that’s been published for the first time before you were born (not necessarily has to be a classic book, just something a little bit older than you is okay. You can read the most recent edition if you want to). The hobbit?! Entah… bahkan seri 5 sekawan atau e-book lupus yang ada di hape gw pun kayaknya termasuk dalam kategori ini. Tapi ntar gw cek lagi. Jangan2 samaan umurnya atau beda 2 tahunan doank.
  8. Chunky Brick: Take a deep breath, and read a book that has more than 500 pages. Yep, the one that you’ve always been afraid of! Pass… gw gak ikut yang ini. Tapi seandainya new moon-nya stephine meyer masuk ke sini, gw mau baca. Sayang ajah, dah jauh2 pinjem dari si teteh, ampe sekarang ngegeletak gitu aja di kosan.
  9. Favorite Author: You like their books, but there are too many titles. This is your chance, choose a book that’s been written by your fave author but you haven’t got time to read it before. Size 12 is not Fat-nya Meg Cabot. Pernah punya buku ini, terus baru baca 5 halaman udah dipinjem temen. Dan ampe sekarang belum sempet ngelanjutin.
  10. It’s Been There Forever: Pick up a book that has been there on your shelf for more than a year, clean up the dust and start to read it now. Owhh.. adaaaa! Gw lupa judulnya, tapi ada!
  11. Movies vs Books: You’ve seen the movie adaptation (or planned to see it soon) but never had time to read the book. It’s time to read it now, so you can compare the book vs the movie. The Lightning Thief (Percy Jackson and the Olympians #1)
  12. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now 😀 Perempuan pencari tuhan. Hadiah dari Om warm karena ngikut quiz di blog beliau. Sampe sekarang masi lum sempet dibacanya.
  13. Not My Cup of Tea: Reach out to a genre that you’ve never tried (or probably just disliked) before. Whether it’s a romance, horror or non fiction, maybe you will find a hidden gem! Pass… gw belum siap “memperlebar zona nyaman” gw.
  14. Walking Down The Memory Lane: Ever had a book that you loved so much as a kid? Or a book that you wish you could read when you were just a child? Grab it now and prepare for a wonderful journey to the past 🙂 Comic books or graphic novels are allowed! Komik Pansy.. Kalo gak salah ada 11 buku. Baru2 ini gw nemu di situs baca manga kesayangan gw. Buat novelnya, kalo ingatan gw gak salah, dulu tuh gw pengen banget baca buku the art of war-nya Sun Tzu. Iya! Gw psycho dari kecil emang! Tapi gw gak yakin bakal nemu bukunya di tempat minjem buku dekat kosan. Liat ntar deh. Pastinya komik dulu dah.

Woooww… gak nyangka… gw ngelengkapin 14 tantangan buku walo bolong2. Ahhh… moga taun besok jadi taun yang keren! –acung jempol ala rock lee

2 thoughts on “Reading Challenge 2014

Leave a Reply

