Tertinggal

Hari ini gw nerima telpon dari temen gw. Udah cukup lama c gak kontak2an, sekitar setaunan lhah… Gw sibuk ama kuliah gw, dan dia sibuk ama bisnisnya. Yuppp, dia emang tipe yang suka bisnisan gitu. Bahkan pas kuliah pun dia lebih banyak ngabisin waktu ngurusin tokonya daripada kuliahnya.

Singkat cerita, temen gw mau nganterin undangan nikahnya dia ke kosan gw. Dan yang ada di pikiran gw pertama kali adalah kata “We-O-We!!!”. Gw gak nyangka temen gw itu bakal bisa jugak bikin komitmen ama seorang cewek untuk ngabisin masa-masa idupnya. Tepok tangan dah. Udah terkenal banget gw ama temen2 ngumpul dulunya emang bermasalah ama hal ginian. Ada yang terlalu pemalu, ada yang terkenal playboy dan ada jugak yang terlalu sukak ama dirinya sendiri. Macam2 lhah. Gw?! Gw termasuk golongan terakhir! Yang macam2!! :p

Pas kita ngobrol2, jadilah gw tau kondisi terakhir temen2 sekarang. Gw yang emang sengaja mengisolasi diri dari dunia pertemanan itu, jadi ngerasa bahwa udah terlalu banyak perubahan ama temen2 gw itu. 7 tahun emang waktu yang lama untuk ngubah seseorang. Gw tau itu. Tapi gw gak nyangka ajah kalo perubahan itu segitu besarnya. Terlebih gw masi kontak2an lhah ama beberapa dari mereka sekitar setaunan yang lalu.

Dan yang parahnya lagi, seabis gw terima tuh undangan, gw langsung ngubungin temen gw yang beda genk tapi cukup deket. Biar ngehadirin nikahannya bareng gitu. Males sendirian c… Tapi kenyataan yang gw temui sama paitnya, Mas Bro! Temen jalan gw itu ternyata juga bakal bawa pasangan sendiri ntar. Jadi gw disuru dateng sendiri ajah.

Gosh!! Pas waktu gini, gw gak tau gimana perasaan gw sekarang. Entah itu perasaan tersaingi, perasaan terasing atau perasaan… Entah. Gw juga gak tau. Yang jelas gw c masih ngerasain sesuatu walo gak tau tepatnya apa.

Hmmm… Dan gw pun akhirnya ngerasain kalo gw bener2 udah menua. Musti kepikiran buat berkomitmen, kepikiran buat idup bareng orang lain serumah, musti kepikiran buat ngehidupin seseorang yang bakal nemenin idup gw, kepikiran buat ngehadapin seseorang yang mempunyai peran sebagai “mertua”, dan lainnya. Gw lupa… Gw lupa gw harus ngelakuin itu semua. Gw sempet pernah kepikiran itu semua, tapi sejak insiden kegalauan gw yang gak masuk akal itu menahun, gw jadi lupa semuanya. Dan nyatanya kalopun gw ingat, gw pasti mengelak semuanya.

Kalo diliat2 lagi sekarang, di satu pihak gw ngerasa kalo gw belum siap. Tapi di pihak lain orang2 berfikiran kalo gw harus ngeganti pikiran gw kalo gw tuh harus siap! Semuanya karena masalah waktu… Sekarang gw jadi ngerasa kalo idup tuh jadi kayak kuliah. Punya batas waktu untuk menjalani event tertentu. Dan memang kata terlambat itu selalu ada… Hhhhhh….

Parahnya, gw emang sering telat dibanding temen2 gw itu. Pas mereka udah punya karir untuk diperjuangkan, gw baru lulus kuliah. Pas mereka udah punya motor, gw baru punya gelar. Pas mereka udah punya mobil sendiri gw baru punya motor (itupun motor warisan bokap). Belum lagi ntar ke depannya… Pas mereka udah punya pasangan idup, anak, rumah sendiri, karir mapan, ketenaran dan parameter kesenangan idup lainnya. Jadi…… hmmm, gitu lah.

Kalo bikin perbandingan gituuuu…. Bikin iri c… tapi kalo udah iri terus kenapa?? Yang rusak toh gw jugak gara2 nyimpen rasa iri. Kalo mau jadi ignorant c bisa ajah. Toh gak ada yang nyuruh gw ngebandingin diri ama orang lain, kan?! Tapi yang namanya pemikiran society, gak bisa diabaikan gitu ajah. Mereka cendrung membandingkan satu orang dengan orang lain. Dan gw itu tipe orang yang mudah terpengaruh. Jadilah gw kebawa arus yang mereka bikin. Hhhh….

Seriusan yah, kalo udah ngebahas gini2an, gw selalu ngerasa terasing. Awalnya tertinggal dan akhirnya gw ngerasa kalo gw emang sendiri.

Leave a Reply

