Pendamping Nasi

Seperti yang lo semua tau, sebagai orang Indonesia, kita punya makanan pokok “Nasi”! Sumber karbohidrat utama kita yaaaa Nasi. Olahan beras yang kayaknya gak lengkap kalo gak disantap sebagai makanan utama. Seperti yang selalu si papah bilang ke gw:

“Kamu belum makan kalo belum makan nasi”

Yaaa, walo banyak makanan pengganti nasi, tapi tetap aja biasanya bakal berakhir sebagai pendamping. Mi instan dimakannya jadi lauk buat si nasi. Ubi jadi pencuci mulut abis makan nasi. Jagung jadi makanan pembuka sebelum makan nasi dan roti biasa jadi makanan penutup seabisnya makan nasi. Well, paling gak itu ajaran bokap gw sampe sekarang ini.

Tapi gw c heran ajah… Selama ini gw makan nasi, kenapa c pendampingnya/lauknya tipe yang gurih mulu. Jarang c tipe yang manis. Sementok2nya pake kecap buat dapetin rasa manisnya. Padahal substitut dari nasi ajah bisa dimakan tipe gurih/asin ataupun manis. Contohnya aja roti. Roti bisa dimakan pake selai yang manis, atau dikasi saos terus dikasi sosis/ayam. Apa?! gak lazim?? Bayangin ajah pizza ato pastry… minimal roti isi daging. Udah kan?! Kebayang kan?!

Nah… karena sifatnya yang mirip. Terutama rasa manis sekilas dari si nasi ataupun roti, gw akhirnya mencoba menu seperti yang ditampilkan gambar berikut:

Yuupppp, nasi dengan taburan meses c*r*s dannn… susu coklat buat kuahnya!

Rasa??! Hmmm, cukup enak. Tapi yaaaa standarnya sesuai lidah gw c…. Kata si teteh, selera gw agak dipertanyakan dari kecil. Masalahnya gw, pas kecil dulu, sering makan nasi disiram teh manis. Dan kebiasaan ini segera dihentikan ama si mamah pas tau gw sering makan gituan. Katanya gak lazim! Guyyzzz, padahal ini cuma masalah lazim atau enggak ajah…. dan si mamah langsung ambil tindakan?! Padahal, berapa banyak orang coba… yang makan nasi terus minumnya pake teh anget ato es teh?? Banyak kan?! Kalo dibanding2in, itu kan samaan ama gw. Bedanya, timing gw samaan antara istilah makan dan minum. Sedangkan mereka pake jeda sebagai pembenaran penggunaan kedua istilah itu.

Abis itu… Beberapa bulan ke depan, gw baru tau ternyata gw gak sendirian. Gw baru tau kalo di jepang, kebanyakan orang kantoran di manga yang gw baca, pas pulang ke rumah seabisnya mereka mabok2an di jalan… Di rumahnya sering makan lagi. Makan nasi yang disiram pake teh hijau (ocha).

Dan… pas waktu gw protes ke si teteh buat hal itu, dia cuma bilang gini: “Well my beloved brother, didn’t u know that ocha isn’t sweet like your tea?! And u know what?? Chazuke is savory after all! If u insisted to continue your ‘things’, I can’t say that you’re my brother!” (gak ingat pastinya gimana, tapi intinya gitu…)

Kenapa bahasa inggris?? Owh… itu sengaja gw translate ke bahasa yang katanya lebih universal, biar orang luar negri pun tau maksut dari kata2 si teteh. Maklum… aslinya itu diucapin pake bahasa minang yang gw jugak gak terlalu nangkep artinya apa. Cuma ngerti sepotong2. Gw kan gak lancar bahasa daerah.

Sooo, begitulah guyz… Buat yang penasaran, silakan dicoba sendiri. Efek samping tanggung sendiri jugak yah. Gw c mau coba varian baru… Nasi pake coklat chacha. Masi ragu mau yang coklat kacang atau yang coklat ajah :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s