Logika Matematika

Gw baru tau dari senpai kalo logika matematika itu maksutnya ngelihat suatu logika dalam aturan matematika. Sebelumnya, gw gak abis pikir. Kenapa bisa gw musti belajar ginian dulunya…. Kayak logika itu sendiri gak cukup sulit sampe musti belajar kaidah matematika dari logika itu sendiri. Dan sampe selesai semester pas MK itu berlangsung pun gw tetap mempertanyakan. Ngapain gw cape2 belajar teori himpunan, belajar K-map de el el de es be.

Kata senpai gw, contoh aplikatifnya pas kita nemu satu kasus yang nemu if-then dengan kondisi if yang banyaaaakkk banget! Butuh variabel yang entah2 lhah. Nah, K-map salah satu metode penyerdehanaannya. Atau kalo gak pake K-map pun, bisa pake aturan aljabar biasa. Coz, sifatnya mirip. Bisa dianalogiin lhah. Jadi kondisi yang banyak tadi bisa jadi dikit. Gak perlu spagheti code lhah.

Gitu…

Terus kalo yang di awal banget… tentang teori himpunan. Aplikatifnya c buat basis data. Kan basis data itu isinya kumpulan objek. Himpunan jugak samaan. Kumpulan objek juga isinya. Jadi biar nanti mahamin query select pake kondisi where-nya yang ajaib2 itu, visual dari query itu bisa lebih mudah dipahaminya pake gambaran dari c teori himpunan.

Well, abis denger penjelasan senpai, gw c jadi ‘ngeh’ lhah. Walo ampe sekarang, gw c masi ngerasa kalo coding ya coding ajah. Toh client selama ini rata2 cuma pake uji blackbox. Mereka input sesuatu, ntar aplikasinya musti keluarin sesuatu yang sesuai mereka harapin.

Hmmm… Baiklah senpai. Yang jelas gw bersyukur punya senpai yang baek hati kayak elo yang mau2nya nanggepin keluhan gw yang gak jelas itu. Cinta lhah ama lo, senpai 😀

Leave a Reply

