Bandel Jaman Sekolah

Di umur 23 tahun ke atas, yang namanya reuni biasanya c gak terhindarkan. Di sana, ajang kumpul-kumpul dan berbagi cerita pastinya gak terhindar lhah. Bisa cerita apapun. Cerita udah kerja dimana, punya bisnis apa ajah, ngegosipin guru2, nostalgia jaman sekolah dulu… dan termasuk acara ngeluhin kelakuan anak jaman sekarang yang gak serapih di jaman kita idup dulu pas seusia mereka.

Untuk topik terakhir yang gw sebutin, obrolannya gak jauh2 dari kita yang ngebahas kelakukan aneh mereka atu-atu. Even gw yang masi belum nyampe umur seperempat abad ajah, udah mikir kayak gitu. Hmm… paling gak gw ama rata-rata temen gw c yang mempertanyakan kelakuan2 mereka sekarang. Minimal cuma buat ngomentarin pake kata2:

Ahh, perasaan dulu kita gak sebandel itu deh… Ya kan?!

Dan abis ngasi stetmen gitu, perbincangan dimulai lagi dengan kata-kata pembuka:

Eh ingat gak c lo pas jaman kita…..

Begitulah~~ Walo pas gw ngomong2 lagi, temen2 jadi ngingetin kejahilan gw jaman dulu kala. Dan akhirnya gw harus nerima kenyataan bahwa ternyata…. bandel2nya gw dulu 11-12 ama bandelnya anak jaman sekarang. Tapi kalo ini dianalogiin c, yah. sebelas-dua-belasnya itu sesuai jaman masing-masing. Di jamannya, kebandelan kita gak bisa diterima lhah. Ini nih beberapa contoh kebandelan “standar” yang gw pernah lakuin:

  1. Bolos mata pelajaran olahraga. Alasannya simple… gw gak suka olahraga
  2. Nyontek pe er temen pagi-pagi
  3. Ngerjain temen pake telepon umum. Iya!! Telepon umum!!
  4. Nyobek halaman buku pegangan temen cuma karena gak suka ama tuh anak yang kerajinan belajar
  5. Pinjem buku cetak sejarah, terus tipe-ex in atu2 nama tokoh sama tanggal yang tercantum di buku itu
  6. Nge-bully2 adek kelas yang keterima di kelas akselerasi

Dan masi banyak lagi. Cuma levelnya bawah standar… Kayak ngebantah guru, gak bikin pe er ampe disetrap de el el de es be. Well, tapi yang paling hebatnya, dari sekian banyak keabnormalan yang gw lakuin, gw gak pernah dunk dipanggil guru BK. Tapi guru BK-nya yang datang ke gw. Eh?! Sama ajah?? Hmmmm… tentu tidak, mas bro!

Guru BK-nya datengin gw, gak pernah tuh disuru konsultasi di ruangan mereka. Me-re-ka… (Yup!! Mereka!!) Mereka yang akhirnya dateng ke kelas gw buat ngasi konseling ke satu kelas. Hihihihi… Bukannya kenapa2 c yah. Masalahnya, imej gw sebagai anak baek2 tuh udah permanen di benak guru2. Jadi dibilangnya gw jahat karena lingkungan ajah. Padahal, justru lingkungan gw yang kepengaruh ama gw.

Gw jugak lupa c tuh guru ngomong apa, tapi abis itu gw ama beberapa temen dipindahin kelasnya. Dan sejak itu… yaa semuanya berlangsung normal. Ya, normal kembali dengan kebandelan2 itu. Dan masi tetap terselubung!!

Heh, kayaknya idup gw banyak dosa yah dulu. Ama temen, ama guru.. Belum lagi ama bo-nyok sendiri. Tapi ya sud, toh masa lalu. Dan herannya gw, ampe sekarang mereka tetep yakin gw tuh anak baek2.

One thought on “Bandel Jaman Sekolah

Leave a Reply

